Hasil Pleno: Prabowo Unggul Dua Juta Suara dari Jokowi di Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno memperoleh 2.400.746 suara dalam Pemilihan Umum di daerah Aceh. Sementara pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin hanya mengantungi 404.188 suara di Bumi Serambi Mekkah.

Perolehan suara ini diketahui setelah Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengumumkan hasil rapat pleno, Minggu, 12 Mei 2019 malam. Rapat tersebut berlangsung di Gedung DPR Aceh, di Banda Aceh sejak 7 Mei 2019 kemarin.

“Suara sah pemilihan presiden 2.804.934. Dan yang tidak sah, 83.326,” sebut Komisioner KIP Aceh, Munawarsyah, Minggu 12 Mei 2019.

Rapat pleno KIP Aceh berakhir Minggu malam. Sebelumnya, rapat tersebut sempat molor karena adanya protes dari saksi Partai Aceh (PA) Aceh Besar.

Rapat pleno akhirnya diskors dan kemudian dilanjutkan Minggu malam hingga tuntas. Namun, pihak KIP Aceh tidak mengumumkan langsung nama-nama calon wakil rakyat yang terpilih, baik untuk kandidat anggota DPRA maupun DPR RI.

Munawarsyah mengatakan hal itu sesuai dengan peraturan KPU Nomor 4 dan 5 Tahun 2019, dimana KIP Aceh hanya bertugas untuk melakukan rekapitulasi hasil perolehan suara dari setiap kabupaten/kota yang masuk pada DB 1. Nantinya hasil rekap tersebut dituangkan dalam DC 1.

“Nanti kita tetapkan adalah DC 1, yaitu perolehan suaranya. Bagaimana dengan perolehan kursi di setiap Dapil DPRA, DPD RI, DPR RI, itu semuanya ditetapkan oleh KPU RI,” katanya.

Dia menambahkan, dalam hal ini KIP Aceh hanya mengumumkan perolehan suara partai pemenang Pemilu di Aceh 2019 secara peringkat partai. KIP Aceh juga hanya membacakan perolehan suara anggota DPD RI saja.

“Untuk DPD yang akan terpilih 4. Semua suara tertinggi. Teman-teman semua bisa dengarkan tadi waktu disebut perolehan suaranya,” ujarnya dalam rapat pleno yang disambut tepuk tangan hadirin di gedung DPRA.(ASM)

Anda mungkin juga berminat
Festival Ramadhan