NewsPileg dan Pilpres 2019

Hasil Pemilu 2019 Ditetapkan Pada 21 Mei Dini Hari

Ketua KPU Arief Budiman (Foto: Grandyos Zafna/detik.com)

JAKARTA (popularitas.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menskors Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Nasional Pemilu 2019. Mereka menyiapkan dokumen untuk menetapkan hasil penghitungan yang rencananya akan dilakukan pada Selasa 21 Mei 2019 dini hari.

Ketua KPU Arief Budiman memastikan penetapan tersebut akan dilakukan usai semua dokumen disiapkan. “Ya (ditetapkan hari ini), semua (pileg dan pilpres), KPU menetapkan secara nasional,” kata Arief saat jeda rapat di Kantor KPU, Jakarta seperti dilansir CNNIndonesia,com, Selasa 21 Mei 2019 malam.

Arief menjelaskan setelah penetapan hasil rekapitulasi, peserta pemilu punya waktu tiga hari untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) maksimal. Jika tak ada gugatan, maka KPU punya waktu tiga hari untuk menetapkan calon terpilih, baik pilpres maupun pileg.

“Misalnya hari ini 21 Mei, maka tanggal 22, 23, 24 Mei. Kalau 24 Mei enggak ada sengketa, maka KPU tiga hari berikutnya punya kesempatan menetapkan calon terpilih untuk paslon sama DPD, kalau partai akan ada penetapan calon terpilih dan perolehan kursi,” tuturnya.

Baca: Rekapitulasi Pilpres Rampung 34 Provinsi, Ini Hasilnya

Arief membantah KPU mempercepat proses rekapitulasi suara tingkat nasional untuk menghindari aksi unjuk rasa people power. Aksi itu rencananya digelar 22 Mei bertepatan dengan hari terakhir rekapitulasi nasional.

“Bukan, memang ada, coba kamu lihat cara kita bahas tadi kan biasa aja,” ujarnya.

Dari 34 provinsi yang telah direkapitulasi, Jokowi-Ma’ruf mencatatkan kemenangan di 21 provinsi. Mereka menang di Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Bangka Belitung, Bali, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, dan Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya di Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Lampung, Kalimantan Timur, Yogyakarta, Sulawesi Barat, Kalimantan Barat, Gorontalo, Kalimantan Utara, DKI Jakarta, Sumatra Utara, Papua, Papua Barat, dan Maluku.

Di saat yang sama, Prabowo-Sandi menang di Jawa Barat, Jambi, Sumatra Selatan, Maluku Utara, Kalimantan Selatan, Bengkulu, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Banten, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sulawesi Selatan, dan Riau. (RED/CNN)

Shares: