News

Hari Keempat Pencarian, Nelayan yang Jatuh di Laut Aceh Besar Masih Nihil

Personel Basarnas Banda Aceh melakukan pencarian ABK KM Inkammina 554 di perairan Aceh Besar, Minggu (4/7/2021). (Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Hari keempat pencarian Adi (25), nelayan yang jatuh di perairan Pulau Rusa, Kabupaten Aceh Besar beberapa waktu lalu, masih nihil. Tim Basarnas telah menyisir sejumlah lokasi, namun korban belum ditemukan.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Budiono mengatakan, setelah mengevaluasi pelaksanaan Operasi SAR dengan instansi terkait, maka disimpulkan bahwa pencarian sudah tidak efektif karena area penyisiran sudah sangat luas.

“Dan pencarian telah dilakukan secara maksimal, dengan demikian Operasi SAR diusulkan untuk dilanjutkan dengan pemantauan yang akan dilakukan dengan berkoordinasi dengan pihak SROP Ulee Lheue dan masyarakat serta nelayan,” kata Budiono dalam keterangannya, Kamis (8/7/2021).

Baca: Sudah 2 Hari Nelayan yang Jatuh ke Laut Aceh Besar Belum Ditemukan

Ia menjelaskan, dalam pencarian hari keempat, Rabu (7/7/2021) kemarin, petugas dibagi dalam dua tim. Tim pertama melakukan pencarian ke arah barat laut dari lokasi kejadian sejauh 2 NM menggunakan 1 unit RIB.

“Tim 2 melakukan pencarian ke arah barat dan barat laut sejauh 45 Nm menggunakan 1 unit boat nelayan,” jelas Budiono.

Sebelumnya, satu orang anak buah kapal (ABK) KM Inkammina 554 bernama Adi (25), warga Desa Alue Rambung, Kabupaten Aceh Utara dilaporkan jatuh ke laut pada Sabtu (3/7/2021) jelang tengah malam.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Budiono mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan pencarian di perairan Pulau Rusa, Kabupaten Aceh Besar yang diyakini sebagai lokasi jatuhnya korban.

“Minggu pukul 11.50 WIB, personel Basarnas Banda Aceh menerima informasi dari pemilik boat tentang musibah tersebut. Kami mengerahkan satu tim rescue bergerak ke lokasi untuk melakukan melakukan pencarian terhadap korban,” kata Budiono dalam keterangannya, Minggu (4/7/2021).

Ia menjelaskan, kejadian tersebut bermula saat korban berangkat menggunakan KM Inkammina 554 dari Pelabuhan Perikanan Lampulo, Banda Aceh pada Sabtu (3/7/2021) pukul 18.00 WIB, menuju ke perairan Aceh Barat untuk mencari ikan.

Namun, lanjut Budiono, dalam perjalanan atau sekitar pukul 23.30 WIB korban hilang. Dia diperkirakan jatuh ke laut di sekitar perairan Pulau Rusa, Aceh Besar.

“KM Inkammina 554 sudah berusaha mencari namun belum masih nihil,” ucap Budiono.

Hingga saat ini, kata Budiono, proses pencarian terus dilakukan dengan melibatkan sejumlah pihak terkait.

“Unsur terlibat dalam pencarian ini yaitu KPP, Polairud dan nelayan setempat,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: