News

Hari Gajah Sedunia, AJI Banda Aceh Bahas Soal Kematian Gajah di Aceh

Hari Gajah Sedunia, AJI Banda Aceh Bahas Soal Kematian Gajah di Aceh
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh menggelar diskusi media memperingati Hari Gajah Sedunia 2020. Diskusi dengan tema "Mengungkap Kematian Gajah di Aceh" ini berlangsung di Hotel Kyriad, Banda Aceh, Rabu (12/8/2020).

BANDA ACEH (popularitas.com) – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh menggelar diskusi media memperingati Hari Gajah Sedunia 2020. Diskusi dengan tema “Mengungkap Kematian Gajah di Aceh” ini berlangsung di Hotel Kyriad, Banda Aceh, Rabu (12/8/2020).

Diskusi ini diisi oleh sejumlah pemateri dari Kepolisian Daerah (Polda) Aceh, BKSDA Aceh, DLHK Aceh, Ketua TPFF Karang Ampar, dan Ketua AJI Banda Aceh.

Ketua AJI Banda Aceh, Misdarul Ihsan mengatakan, diskusi ini digelar bermula dari keprihatinan jurnalis terhadap nasib gajah di Tanah Rencong yang terancam punah. Selain itu, diskusi ini juga untuk memberi pemahaman kepada para jurnalis tentang isu gajah.

“Beranjak dari kekhawatiran ini, kita menggelar diskusi ini dan pesertanya para jurnalis di Banda Aceh,” ujar Ihsan.

Kata Ihsan, dari catatan AJI Banda Aceh, dari sejumlah kasus pembunuhan gajah, hanya kasus gajah Bunta yang berhasil diungkap penegak hukum dan pelakunya memiliki hukum tetap.

“Sementara kasus lain sampai saat ini belum ada yang ditangkap dan berlanjut ke meja hijau,” jelas Ihsan.

Ihsan berharap, dengan adanya diskusi tersebut, pemahaman para jurnalis terhadap isu gajah semakin meningkat. Jurnalis juga diharapkan menjadi garda terdepan dalam mengadvokasi setiap isu kematian gajah dan satwa lainnya.

“Langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar bisa memberikan penekanan pada isu kematian gajah di Aceh harus diketahui oleh jurnalis,” ujar Ihsan. [acl]

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: