EkonomiNews

Harga Telor dan Minyak Sayur di Pidie Jaya Melonjak

Harga Telor dan Minyak Sayur di Pidie Jaya Melonjak Tinggi. (Popularitas/Nurzahri)

Sejumlah harga komoditas kebutuhan rumah tangga perlahan merangkak naik di Pidie Jaya.

Komoditas pangan yang naik meliputi telor ayam, minyak sayur dan cabai.

Salah satu pedagang komoditas pangan di pasar Tradisional Meureudu, Bahauddin (25) menyebutkan, jika sebelum Desember 2020, harga telor ayam perlimping 40 butir berkisar Rp 42 ribu, kini melonjak menjadi Rp 52 ribu perpapan.

Selain telor ayam yang naik mencapai Rp 10 ribu perpapan itu, komoditas lainnya yang ikut melonjak antara lain, minyak sayur, baik dalam bentuk kemasan maupun curah.

Sebelumnya, minyak sayur curah perkilo dibandrol dengan harga Rp 12 ribu per kg, kini menjadi Rp 14.000. Sedangkan produk kemasan Rp 15 ribu.

Harga cabai merah juga melambung tinggi dalam dua pekan terakhir. Di mana untuk komoditas pangan tersebut saat ini dijual dengan harga Rp 55 ribu perkgnya, padahal pada November 2020, masih pada harga Rp 44 ribu.

“Mulai bulan ini barang itu mulai naik. Karena kita tebusnya naik, ya terpaksa, harga jual eceran juga harus kita naikkan sedikit,” kata Bahauddin, Senin (21/12/2020).

Kata dia, dampak dari tingginya harga kubutuhan pokok tersebut, banyak masyarakat terkadang urung membeli barang dagangannya.

Hal yang sama juga diutarakan Jamal, pedangan sayuran lainnya di pasar Tradisional Meureudu, sejumlah bahan pangan kebutuhan rumah tangga tersebut mulai naik sejak Desember 2020.

Naiknya harga komoditas tersebut, kata dia disebabkan stok barang yang menipis, disebabkan faktor cuaca.

“Kalau cabai, saat ini sulit kita peroleh, apalagi kondisi hujan. Sedangkan kayak telor dan minyak, barangnya juga susah saat ini,” jelasnya.

Misalnya, dia memesan telor maka yang ada hanya lima limping, itupun dengan harga yang tinggi dari sebelumnya. Begitu juga dengan minya sayur.

Sedangkan untuk harga sayur lainnya, seperi bawang merah, perkilo Rp 36 ribu, bawang Putih Rp 24 ribu.

Editor: dani

Shares: