Harga TBS Sawit di Aceh Timur Naik, Kini Rp 2060 per Kilogram

POPULARITAS.COM – Dinas Perkebunan dan Peternakan Aceh Timur menyatakan harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di tingkat petani di kabupaten itu mencapai Rp2.060 per kilogram.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Aceh Timur Lukman mengatakan harga TBS tersebut sudah berlangsung sejak sebulan terakhir.

“Setelah sempat tidak stabil, harga beli TBS kini berkisar antara Rp2.000 hingga Rp2.060 per kilogram. Sebelumnya harga TBS anjlok sempat anjlok Rp1.100 per kilogram,” kata Lukman seperti dilansir laman Antara, Jumat (15/10/2021).

Lukman mengatakan naiknya harga jual tandan buah segar tersebut disebabkan meningkatnya permintaan kelapa sawit di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Kenaikan harga TBS kelapa sawit saat ini juga dipengaruhi naiknya harga minyak sawit mentah atau CPO karena tingginya permintaan,” kata Lukman menyebutkan.

Lukman mengatakan kalangan petani sawit di Kabupaten Aceh Timur mengharapkan harga di kisaran Rp2.000-an per kilogram tersebut bisa bertahan lama.

“Harga rendah TBS kelapa sawit sempat lama bertahan. Di saat rendahnya harga beli TBS, petani menjerit sempat menjerit karena tidak mampu menutupi biaya operasional,” kata Lukman

Oleh karenanya, kata Lukman, harga beli TBS kalau bisa meningkat lagi, mengingat biaya perawatan yang harus dikeluarkan para petani semakin lama semakin tinggi, seperti pupuk dan biaya pembersihan lahan.

Lukman mengatakan luas areal perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Aceh Aceh Timur mencapai 24,8 ribu hektare,. Lahan sawit yang sudah menghasilkan mencapai 13.746 hektare dan belum berproduksi 11.340 hektare.

“Untuk produksi TBS sendiri, kalau punya masyarakat Aceh Timur berkisar  14,4 hingga 18 ton per tahun. Sementara kalau punya perusahaan diperkirakan mencapai 20 ton per tahun,” kata Lukman.

Comments
Loading...