EkonomiNews

Harga sawit di Aceh Utara turun

Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, mengalami penurunan dari sebelumnya.
Ilustrasi Kelapa Sawit (iStockphoto)

LHOKSEUMAWE (popularitas.com) : Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, mengalami penurunan dari sebelumnya.

Ketua Asosiasi Petani Sawit Kecamatan Langkahan dan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Sayuti Ahmad, Senin mengatakan, bahwa harga sawit di wilayahnya saat sekarang adalah Rp 900/kg, sedangkan sebelumnya Rp1.300/kg.

Ia menjelaskan, harga dimaksud adalah harga di tingkat petani yang dibeli oleh pedagang pengumpul. Sedangkan harga di tingkat pedagang besar yang dibawa ke pabrik lebih tinggi lagi dari harga yang ada.

“Ini harga beli dari petani oleh pedagang pengumpul, dengan kisaran harga Rp900/kg, sedangkan harga jual kembali ke pabrik tentu lebih tinggi lagi dari itu,? ungkap Sayuti.

Lebih lanjut dikatakannya, kondisi turunnya harga sawit tersebut, sangat memberatkan petani. Apalagi, lebih hampir semua sawit milik petani di wilayah Kecamatan Langkahan dan Tanah Jambo Aye, sedang masa produksi.

“Dengan turunnya harga TBS kelapa sawit ini, tentu membuat petani mengeluh. Karena harganya yang sangat rendah tidak sebanding dengan biaya perawatan dan juga operasional lainnya, ucap Ketua Asosiasi Petani Sawit di Kecamatan Langkahan dan Tanah Jambo Aye tersebut.

Dirinya juga menambahkan, sepanjang 2017 dan 2018, kondisi harga kelapa sawit cenderung stabil. Meski terjadinya naik turun harga, akan tetapi masih dianggap stabil.

Hal itu berbeda dengan penghujung 2016, harga sawit sampai berada pada titik terendah dengan harga beli dari petani sebesar Rp500/kg, pungkas Sayuti. (aceh.antaranews.com)

Shares: