EkonomiNews

Harga Jual Minyak Nilam Aceh Naik Rp 600 Ribu Per Kilogram

Seorang agen pengepul menimbang minyak nilam yang dibeli dari petani di sebuah tempat penjualan minyak di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Hingga Sabtu (16/11/2019) harga jual minyak nilam hasil penyulingan tradisional tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp600 ribu per kilogram, setelah sebelumnya bertahan di harga Rp570 ribu per kilogram. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

MEULABOH (popularitas.com) – Harga jual minyak nilam hasil penyulingan tradisional di Provinsi Aceh sejak sepekan terakhir naik di angka Rp600 ribu per kilogram.

Sebelumnya pada akhir Oktober 2019, harga jual minyak tersebut bertahan di harga Rp570 ribu per kilogram.

“Naiknya harga jual minyak nilam ini karena meningkatnya permintaan di pasar dalam negeri maupun di luar negeri,” kata agen pengepul nilam, Armansyah Putra di Meulaboh, Sabtu, 16 November 2019.

Menurutnya, permintaan minyak nilam dari Aceh mengalami peningkatan karena stok bahan baku di dalam negeri dan luar negeri mulai berkurang, sehingga kalangan pelaku usaha dan industri minyak wangi sudah mulai membeli minyak nilam dalam jumlah besar.

Sedangkan stok minyak di kalangan agen pengepul dan distributor, kini mengalami kekurangan.

Armansyah mengakui, sejak naiknya harga jual minyak nilam tersebut, banyak petani yang selama ini menyimpan minyak nilam hasil penyulingan sudah mulai menjual minyak untuk menambah pendapatan keluarga.

“Karena banyaknya warga yang menjual minyak nilam, paling sedikit kami bisa mengumpulkan minyak sekitar 500 liter dalam sepekan,” kata Armansyah Putra menambahkan.

Ia mengakui, kandungan minyak tersebut banyak dibutuhkan oleh pelaku usaha sebagai salah satu bahan baku pembuatan minyak wangi (parfum), serta untuk kebutuhan obat tradisional dan aneka kegunaan lainnya.* (ANT)

Shares: