EkonomiNews

Harga Emas Murni Tembus Rp 2,7 Juta

Jelang Ramadan, Warga Banda Aceh Banyak Jual Emas
Pedagang emas memperlihatkan emas murni kepada pembeli di sebuah toko di pusat Kota Meulaboh, Ibukota Kabupaten Aceh Barat. Hingga Jumat (27/3/2020) harga emas murni di daerah ini meningkat menjadi Rp2,73 gram per mayam (per 3 gram) dari beberapa pekan sebelumnya di harga Rp2,5 juta per mayam. (ANTARA)

MEULABOH (popularitas.com) – Harga jual perhiasan emas murni di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, mengalami kenaikan harga jual mencapai Rp2,7 juta lebih per mayam (3 gram) atau sebesar Rp 830 ribu per gram pada penjualan Jumat (27/3/2020) siang.

Sedangkan untuk harga jual emas London (97 persen) berada di kisaran harga Rp2,6 juta lebih per mayam (tiga gram) dari harga sebelumnya Rp2,4 juta per mayam.

Beberapa pekan sebelumnya, harga jual perhiasan emas murni di daerah ini juga mengalami peningkatan dengan harga jual mencapai Rp2,5 juta/mayam .

“Naiknya harga jual perhiasan emas murni ini, salah satunya dipicu karena terganggunya ekonomi dunia,” kata Rusdi, seorang pedagang emas murni di Meulaboh, Jumat (27/3/2020).

Selain itu, faktor naiknya harga emas ini juga disebabkan lesunya aktivitas ekspor impor dunia dan banyaknya kalangan pengusaha yang membeli emas sebagai investasi yang lebih aman saat ini.

Rusdi juga menjelaskan, naiknya harga jual emas di pasaran tersebut juga menyebabkan aktivitas masyarakat yang membeli perhiasan emas juga mengalami penurunan tajam mencapai 90 persen.

“Kalau biasanya sehari kami bisa menjual minimal 10-20 mayam (30-60 gram), namun kini sangat sepi sekali. Hanya ada satu pembeli saja setiap hari, itu pun sangat jarang,” katanya menambahkan.

Bahkan, saat ini banyak masyarakat yang berlomba-lomba menjual perhiasan emas karena harganya yang mulai naik, tuturnya.[ANT]

Shares: