EkonomiHeadline

Harga Daging Sapi di Banda Aceh Naik Jelang Meugang

Harga Daging Sapi di Aceh Besar Stabil Jelang Idul Fitri
Pedagang daging Mak Meugang. (Munir)

POPULARITAS.COM – Harga daging sapi di Banda Aceh mengalami kenaikan menjelang meugang Ramadhan 1442 H tahun 2021. Hal ini seperti terpantau di pasar tradisional Peunayong, Banda Aceh, Rabu (7/4/2021).

Salah seorang pedagang daging sapi, Ikbal mengatakan, kenaikan daging berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp30 ribu. Kenaikan ini sudah terlihat sejak awal April 2021.

“Naiknya dari 130 ribu menjadi 150 ribu atau 160 ribu per kilogram. Awal bulan ini naikknya,” kata Ikbal.

Meski mengalami kenaikan, kata Ikbal, minat masyarakat Banda Aceh untuk membeli daging tetap ada, terutama saat akhir pekan. Minat ini diperkirakan terus meningkat pada meugang pertama dan kedua Ramadhan tahun ini.

“Ramai yang beli, meski mahal mereka nggak ada yang ngeluh. Kalau orang Aceh daging meugang Rp 200 ribu per kilo pun dibeli,” ucap Ikbal.

Sebelumnya, Dinas Pangan Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Banda Aceh memastikan persediaan daging meugang Ramadan 1442 H di Kota Bada Aceh mencukupi.

Kepala DPPKP Kota Banda Aceh Zulkifli Syahbuddin mengatakan, untuk persediaan ternak sapi/kerbau di Kutaraja saat ini jumlahnya sekitar 610 ekor, terdiri dari 581 ekor sapi dan 29 ekor kerbau.

“Namun untuk harga yang pada hari biasa Rp 130 ribu/kg di hari meugang biasanya mengalami kenaikan menjadi Rp140 ribu-Rp170 ribu/kg,” katanya.

Editor: dani

Shares: