EkonomiNews

Harga BBM naik, sejumlah komoditas di Aceh Besar ikut naik

Harga BBM naik, sejumlah komoditas di Aceh Besar ikut naik
Aceh surplus cabai merah
Cabai merah yang dipasarkan di Pasar Induk Lambaro, Aceh Besar, Senin (12/9/2022). Foto: Riska Zulfira/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Aceh Besar, mengalami kenaikan di tengah naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan tersebut seperti cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih.

Untuk harga cabai rawit mengalami kenaikan drastis, yakni Rp 45 ribu per kilogram yang sebelumnya seharga Rp 35 ribu per kilogram.

Sementara, untuk bawang merah Rp 35 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih mengalami kenaikan dari harga Rp 20 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang bahan pangan di Pasar Induk Lambaro, Aceh Besar, Fajri mengatakan, kenaikan bahan pangan tersebut didasari karena kenaikan BBM yang berimbas pada harga ongkos kirim barang.

“Penyebabnya mungkin karena stoknya kurang dan juga karena kenaikan BBM, jadi ongkosnya semakin naik,” kata Fajri, Senin (12/9/2022).

Namun, menurutnya tidak semua komoditas mengalami kenaikan. Seperti halnya harga cabai merah mengalami penurunan menjadi Rp 60 ribu per kilogram, yang sebelumnya seharga Rp 65 ribu per kilogram.

“Ada yang naik, ada yang menurun. Cabai merah sudah beberapa hari turun, jadi masyarakat sekarang banyak membeli cabai untuk stok kedepan apabila mengalami kenaikan lagi,” ucapnya.

Untuk tomat, kata Fajri hingga kini masih berada di harga normal.

Hal serupa juga dikatakan pedagang bahan pangan lainnya di Pasar Induk Lambaro, Jal Suriah. Semenjak kenaikan harga BBM sejak sepekan lalu, tidak semua bahan pangan mengalami kenaikan.

Namun, di tokonya, kata Jal gula pasir akan mengalami kenaikan. Hal ini karena terjadinya peningkatan pada ongkos kirim.

“Minggu depan gula akan naik. Sekarang per karung ukuran 50 kilogram menjadi Rp 650 ribu. Kenaikan itu, karena ada peningkatan harga ongkos kirim,” imbuhnya.

Shares: