EkonomiNews

Harga Ayam Pedaging Naik Drastis, Capai Rp 60 Ribu

Harga Ayam Pedaging Naik Drastis, Capai Rp 60 Ribu

POPULARITAS.com – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru  harga ayam pedaging di pasar tradisional  Peunayong di Kota Banda Aceh Rabu (23/12/2020) naik drastis. Dari harga Rp 40 ribu hingga Rp 45 ribu per ekornya kini naik menjadi Rp 55 ribu hingga Rp 60 Ribu per ekor.

Kenaikan harga ayam pedaging ini diperkirakan akan terus terjadi hingga berapa pekan ke depan di atau menjelang tibanya hari natal dan tahu baru 2021.

“Kondisi seperti ini memang lumrah terjadi di penghujung tahun, karena harga ayam ini ditentukan oleh pemasok (toke ayam) bukan pedagang,” ujar, Ismail, pedagang ayam.

Hal yang sama juga dikatakan pedagang ayam lainnya di Pasar Ayam Peunayong Kota Banda Aceh. Sudah sepekan ini harga ayam pedaging ( ayam potong) sedikit mahal dari harga biasanya yang hanya Rp 40 ribu per ekornya dengan berat hingga 1,5 kg / ekornya.

“Harga ayam sekarang mencapai Rp 55 ribu –  Rp 60 ribu per ekornya, sebelumnya hanya 40 ribu saja per ekornya ,” ucap Ainun penjual ayam potong di pasar Tradisional Peunayong Banda Aceh.

Selain itu, menurut Ainun, naiknya harga jual ayam  karena kurangnya pasokan ayam ke Banda Aceh, sedangkan permintaan pembeli banyak, selain untuk natal, tahun baru juga bulan ini masih bulan Maulid Nabi.

Informasi dihimpun POPULARITAS.com di kalangan pedagang, di pasar Peunayong,  harga ayam mulai naik sejak sepekan terakhir ini dimulai dari harga nirmal Rp 28 ribu per kg naik menjadi Rp 30 ribu/kg. atau Rp 55 ribu – Rp 60 ribu /ekor.

Kenaikan harga ayam pedaging ini diperkirakan akan terus terjadi hingga berapa pekan ke depan di atau menjelang tibanya hari natal dan tahu baru 2021, selain itu ini juga masih bulan maulid Nabi sehingga permintaan ayam masih sangat tinggi. ( Fitri )

Reporter: Ahyar ( Magang)

Shares: