Hama Serang Tanaman Padi Aceh Barat

POPULARITAS.COM – Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, mencatat adanya hama menyerang tanaman padi seluas tiga hektar di Desa Pasie Tengoh, Kecamatan Kaway XVI.

“Cuma sekitar tiga hektare yang terindikasi serangan hama dan sudah dicek oleh petugas untuk dilakukan pembasmian hama wereng hijau itu dilakukan secara gerakan bersama,”kata Kepala Bidang Tanaman Pangan, Harbi, di Meulaboh, Selasa (30/1/2018) seperti dilansir antara.

Meski demikian, ada kawasan lain yang disebut-sebut terdapat serangan hama, akan tetapi setelah dilakukan cros ceck di lapangan merupakan tanaman yang sudah memasuki usia panen dan serangan hama sudah terjadi sebelumnya saat padi berbuah.

Didampingi Kadis Pertanian, Safrizal, dijelaskan bahwa tanaman padi petani itu di daerah Desa Paya Lumpat, Kecamatan Samatiga, mendapat serangan hama tikus dan sudah dilakukan gerakan pembasmi hama dengan pembersihan lingkungan area sawah.

Petani setempat kata Harbi, sudah melakukan panen dengan hasil yang sempurna, sebab hama menyerang tanaman saat berumur di atas 60 hari, artinya kondisi tanaman padi sudah bunting atau mulai berisi sehingga mudah ditanggulangi.

“Besok (Rabu) akan ada gerakan bersama, untuk menghindari kawasan lain, racun pembasmi sudah disalurkan. Kalau memang kurang nanti kita mita bantu lagi ke provinsi, tapi dengan 20 kilogram yang sudah ada saya pikir sudah cukup,”imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya belum menerima adanya laporan terbaru kawasan lain yang terdapat hama menyerang tanaman padi, namun demikian petugas akan terus memantau dan merespon laporan petani bila menemukan indikasi hama menyerang.

Dinas mengimbau kepada petani, apabila menemukan indikasi hama menyerang untuk segera melaporkannya pada petugas di lapangan agar dapat diambil langkah-langkah pencegahan dan pembasmian hama secara massal.

Dalam dua pekan ini, masyarakat petani disejumlah kawasan melakukan pengusiran hama dengan cara pengasapan yakni, membakar ranting maupun daun kering di pematangan sawah, cara tradisional itu terbukti bisa mengusir hama sebelum datang.

Kondisi demikian sudah lazim dilakukan petani seperti di area sawah Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, saat pagi hari dan sore hari petani melakukan pengasapan di pematangan sawah untuk menjaga tanaman padinya tidak didatangi hama.

Sementara disebagian kawasan lain, tanaman padi justru sudah hampir menguning, seperti di Desa Ujong Tanjong dan Ranto Panjang, Kecamatan Meureubo, petani terlihat sudah memasang jaring di atas tanaman mencegah burung pipit datang menggerogoti. [acl]

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.