News

Haji 2021 Dibatalkan, Jemaah Asal Lhokseumawe Tarik Dana Setoran

3841 Calon Jamaah Haji Aceh sudah vaksin covid-19
Ilustransi. (alodokter)

POPULARITAS.COM – Tujuh jemaah haji asal Lhokseumawe menarik biaya haji untuk keberangkatan tahun 2021. Mereka melakukan hal itu karena kecewa sudah dua kali gagal berangkat ke tanah suci.

Hal tersebut disampaikan oleh Operator Siskohat Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lhokseumawe, Ady Keusuma kepada Popularitas.com Sabtu sore (12/6/2021). Ia mengatakan, ketujuh calon jamaah haji itu adalah orang yang sama dua kali gagal berangkat ke mekkah.

“Tujuh orang ini dua kali gagal ditahun sebelumnya, tapi untuk tahun 2021 belum ada yang melakukan penarikan,” kata Ady Keusuma.

Baca: Kemenag Aceh : Tidak ada warga tarik dana setoran haji

Katanya, terhitung dua kali Indonesia tidak memberangkatkan calon jamaah haji ke tanah suci disebabkan angka Covid 19 meningkat. Sebanyak 252 orang, tahun 2020 kembali menunda dalam melaksanakan rukun Islam ke -5 tersebut.

“Tahun 2021 jumlah calon jamaah juga sama, sebab calon yang ditunda brangkat haji pada tahun 2020 itu diprioritaskan brangkat tahun 2021 ini,” ujar Ady Keusuma lagi.

Baca: Kemenag Aceh: Qanun Tentang Haji Belum Clear

Bagi calon haji tahun 2021 yang ingin mambatalkan keberangkatannya bisa melakukan penarikan, apabila sudah memenuhi proses dengan persyaratan membawa data diri seperti foto copy KTP, bukti setoran pelunasan dan foto copy buku rekening.

“Untuk jumlah setoran awal senilai Rp 25 juta, sedangkan setoran pelunasannya senilai Rp 6.020.000 atau penambahan dari setoran awal. Bagi orang yang sudah melakukan penarikan maka ke tujuh orang itu dianggap sudah mengundurkan diri dari jemaah haji dan tidak bisa berangkat lagi. Tapi apabila ingin berangkat lagi, jika ada calon jamaah haji ada yang sakit atau meninggal maka bisa digantikan oleh ahli waris,” pungkasnya.

Shares: