News

Hadi Tjahjanto akan serahkan lahan untuk 3 ribu eks GAM

Hadi Tjahjanto akan serahkan lahan untuk 3 ribu eks GAM
Marsekal Hadi Tjahjanto saat masih menjabat sebagai Panglima TNI | Foto: Okezone.com

POPULARITAS.COM – Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menyatakan akan menyerahkan secara langsung lahan untuk 3 ribu eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Lahan untuk eks kombatan merupakan salah satu butir yang tertuang dalam nota kesepahaman MoU Helsinki antara GAM dengan RI.

Hadi Tjahjanto sangat mendukung dengan permintaan yang disampaikan Pj Gubernur Aceh. Bahkan ia langsung memerintahkan Dirjen dan Kanwilnya supaya menuntaskan hal tersebut, terutama terkait dengan penyerahan tanah kepada kombatan GAM.

“Untuk itu kita menargetkan akhir tahun ini akan tuntas. Dan saya akan hadir saat penyerahan tanah kepada 3 ribu mantan Kombatan GAM. Kita juga siap untuk membantu transmigrasi lokal untuk masyarakat Aceh,” ujar Hadi dalam keterangannya yang dikutip Kamis (25/8/2022).

Sebelumnya diberitakan, Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki memenuhi undangan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto di Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Pertemuan tersebut untuk membahas lebih lanjut seputar masalah lahan untuk mantan kombatan sebagai salah satu butir yang tertuang dalam nota kesepahaman MoU Helsinki.

“Sampai di sana, kita membahas dan meminta dukungan serta bantuan Bapak Menteri agar perjanjian MoU Helsinki tentang kewajiban Pemerintah Pusat memberi tanah kepada mantan kombatan GAM (Gerakan Aceh Merdeka),” kata Achmad Marzuki.

Shares: