News

Guru SMA/SMK Sabang Dilatih Cara Menyusun HOTS Selama Covid-19

Guru SMA/SMK Sabang Dilatih Cara Menyusun HOTS
Lima Platform Online Untuk Belajar di Rumah. (antara)

POPULARITAS.COM – Era pandemi Covid-19 hampir setahun melanda Indonesia juga Sabang. Keadaan ini memaksa dunia pendidikan mencari terobosan baru untuk memenuhi standar nasional pendidikan.

“Selama Covid-19 kita terus melakukan monitoring perkembangan demi perkembangan yang terjadi di sekolah, termasuk proses pembelajaran. Saya sudah minta pengawas untuk terus memantau perkembangan pembelajaran dan harus hadir ke sekolah binaan setiap hari,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh, Kota Sabang, Abdul Hamid, Sabtu (24/10/2020).

Program itu bermula dari hasil monitoring pengawas, sehingga pihaknya perlu membuat pelatihan guru menyangkut bagaimana cara menyusun Higher Order Thinking Skills (HOTS). Kegiatan itu dilaksanakan selama 2 hari yakni 20-21 Oktober 2020 lalu.

Soal HOTS merupakan model evaluasi pendidikan yang menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi. HOTS akan mengasah logika, pola pikir kritis, dan kreativitas siswa. Selain itu guru juga nantinya dibekali dengan pemanfaatan Microsoft Office 365.

Program yang diinisiasi oleh Kacabdin dengan IGI Aceh ini di pandu langsung oleh fasilitator yang berpengalaman untuk pemanfaatan Microsoft Office 365

Pelatihan pemanfaatan Office 365 tidak cukup hanya dalam waktu 2 jam saja. Sehingga Kepala Cabdisdik, Abdul Hamid berinisiatif mengajak IGI melatih guru Sabang di waktu yang lain, agar guru Sabang dapat mahir dalam pemanfaatan Microsoft 365.[]

Shares: