News

Gunung Semeru Meletus Pagi Dinihari

POPULARITAS.Com – Dini hari sekitar pukul 03.10 WIB Gunung Semeru mengeluarkan hujan debu dan mengarah ke pemukiman warga. Abu Vulkanik mengarah ke arah Timur Tenggara ke daerah Candi Puro Lumajang. Bagi pengendara sepeda motor di himbau untuk lebih waspada dan hati-hati.

Nah bagi warga yang berada di sekitar Gunung Seumeru yang hendak berkendara namun kendaraaannya telah terpapar debu vulkanik ada baiknya melakukan beberapa hal terlebih dahulu.

Seperti yang disampaikan Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana. “Debu Vulkanik akan menempel pada obyek dan susah untuk dibersihkan kalau lebih dari dua hari.

Pastikan sebelum mengemudi seluruh kaca dalam kondisi clear untuk kepentingan visibilitas. Juga mika-mika lampunya sehingga lampu dapat jelas menyala dan mampu berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya,” kata Sony.

Selain kaca fitur lain yang penting dalam menjaga visibilitas pengemudi adalah lampu dan wiper. Pastikan fungsi-fungsi tersebut dapat bekerja dengan baik sehingga selama perjalanan penglihatan dapat terjaga.

“Ada beberapa bahaya yang mungkin akan timbul saat mengemudi di kondisi lingkungan gunung yang sedang erupsi. Pastikan kendaraan dalam keadaan sehat di mana lampu utama, wiper, dan air wiper serta ban dalam kondisi baik,” ujar Sony.

“Untuk kesehatan, tutup seluruh jendela saat berkemudi serta persiapkan masker ketika harus turun dan keluar dari kendaraan. Persiapkan juga R2,” tutupnya.Setelah cukup bersih dan pengemudi dapat melihat dengan baik dari dalam mobil pastikan berkendara dalam keadaan mobil tertutup rapat. Supaya lebih aman dianjurkan pengemudi dan penumpang menggunakan masker selama perjalanan. ( Detik.com)

 

Shares: