News

Gumpulan Awan Raksasa Hebohkan Warga Aceh Barat

Gumpulan Awan Raksasa Hebohkan Warga Aceh Barat
Tangkapan layar yang terekam kamera warga diatas langit Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Aceh Barat, saat terjadinya fenomena alam awan Arcus, Senin (10/8/2020) pagi. (ANTARA/HO)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Warga Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat dibuat panik akibat munculnya awan hitam raksasa pada Senin (10/8/2020) pagi. Fenomena alam ini menyerupai gelompang tsunami.

Fenomena awan raksasa itu direkam oleh sejumlah warga di Nagan Raya dan Aceh Barat, lalu diunggah ke media sosial. Video-video tentang fenomena tersebut kini viral di berbagai jaring media sosial di Tanah Rencong.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Zakaria menjelaskan, awan yang berbentuk seperti ombang yang menggulung itu adalah awan Arcus.

“Awan yang berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan Tsunami. Awan ini merupakan bagian dari awan CB (Cumulonimbus),” ujar Zakaria dalam keterangannya.

Ia menuturkan, awan raksasa itu merupakan awan rendah dan biasanya berada pada satu level atau single level. Awan ini juga dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat disertai kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es.

“Dan awan ini biasanya terjadi di daerah yang tidak begitu luas sehingga tidak dapat dipantau oleh satelit,” jelas Zakaria.

Zakaria mengimbau kepada masyarakat agar tak panik dengan munculnya fenomena tersebut. Namun, ia meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati.

“Imbauan bila terlihat awan itu agar cepat-cepat mencari perlindungan, jangan bertahan di lapangan terbuka dan bagi nelayan agar segera berlabuh ke darat,” pungkasnya. [acl]

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: