HeadlineNews

Gubernur Aceh: Ulama Harus Yakinkan Masyarakat Tentang Vaksin Sinovac

Gubernur Aceh: Ulama Harus Yakinkan Masyarakat Tentang Vaksin Sinovac
Petugas kesehatan menyuntik vaksin Sinovac kepada Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di RSUD dr Zainoel Abidin, Banda Aceh, Jumat (15/1/2021). (Muhammad Fadhil/pupularitas.com)

POPULARITAS.COM – Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meminta kepada Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) untuk meyakinkan masyarakat di Tanah Rencong bahwa vaksin Sinovac halal dan aman digunakan.

Hal itu disampaikan Nova kepada wartawan usai menghadiri silaturahmi ulama membahas penjelasan Fatwa MUI tentang Vaksin Covid-19 di Aula Serbaguna Kantor Gubernur, Selasa (19/1/2021).

“MPU hari ini mengupas fatwa MUI itu untuk lebih meyakinkan vaksin Sinovac itu memang halal. Kita berharap tidak berhenti di sini, MPU meneruskan kepada masyarakat, kita tahu ulama itu kan panutan masyarakat,” ujar Nova.

Nova berharap peran ulama tersebut dapat mengedukasi masyarakat Aceh tentang vaksin Sinovac. Sehingga, proses vaksinasi di seluruh Aceh dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Ia menjelaskan, setelah dosis Sinovac tiba di Aceh pada awal Januari 2021 lalu, vaksinasi saat ini sedang fokus kepada tenaga kesehatan. Setelah ini, vaksinasi ini akan merambah ke masyarakat di semua kalangan.

“InsyaAllah mulai Maret vaksin untuk rakyat sudah dikirim lagi, karena yang sekarang untuk tenaga kesehatan. Mudah-mudahan pada saatnya seluruh rakyat tiba jadwal vaksinasi dan sosialisai melalui ulama bisa berjalan lancar,” katanya.

“Yang pasti vaksin Sinovac ini sudah diikuti sejak produksi di pabriknya oleh ulama Indonesia. Ini sama sekali halal,” pungkas Nova.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menjadi orang pertama di Tanah Rencong yang dilakukan vaksinisasi Covid-19. Proses penyuntikan vaksin Sinovac ini berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, Jumat (15/1/2021).

“Saya tadi divaksin kira-kira setengah jam yang lalu (divaksin), sampai sekarang saya belum merasa efek apapun, ya mudah-mudahan tidak ada efek,” kata Nova kepada wartawan.

Menurut Nova, usai disuntik vaksin, dosis tersebut akan berjalan sendiri sehingga dinilai akan meningkatkan kekebalan tubuh.

“Yang penting vaksinnya bekerja sendiri, nah kalau itu saya serahkan kepada tim medis,” kata Nova. []

Editor: Acal

Shares: