News

Gubernur Aceh Uji Coba Berlayar dengan KMP Aceh Hebat 2

Gubernur Aceh Uji Coba Berlayar dengan KMP Aceh Hebat 2
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, bersama Istri, Dyah Erti Idawati melakukan uji coba pelayaran menggunakan KMP Aceh Hebat 2 rute Ulee Lheue-Balohan, Selasa (29/12/2020).

POPULARITAS.COM – Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, MT mencoba berlayar dengan Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 2, dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan di Kota Sabang, Selasa (29/2/2020).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, KMP Aceh Hebat 2 tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, pada 19 Desember 2020, usai dibangun dan lulus uji laik layar di Perairan, Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

“Kita mau memastikan bahwa seluruh komponen dan perlengkapan navigasi yang disematkan pada KMP Aceh Hebat berfungsi dengan baik, sebelum melayani penumpang pada Januari 2021,” ujar Gubernur Nova.

Nova mengatakan kapasitas KMP Aceh Hebat 2 jauh lebih besar dari kapal-kapal yang sudah ada di Aceh. KMP Aceh Hebat 2 akan memperlancar mobilitas orang dan barang dari dan ke Sabang, terutama pasokan sembako serta angkutan wisatawan.

“KMP Aceh Hebat 2 akan melayani pelayaran Banda Aceh-Sabang, tentu akan mendukung pengembangan pariwisata di Kota Sabang, sehingga perekonomian masyarakat di Kota Wisata ini semakin menggeliat,” tutur Nova.

Sementara itu, General Manager ASDP, Syamsuddin didampingi Kapten Kapal Aceh Hebat 2, Bambang Kusnadi menjelaskan, uji layar tersebut untuk serangkaian percobaan, antara lain, kecepatan, manuver, dan uji sandar di pelabuhan Ulee Lheue dan Balohan.

“Bersama Pak Gubernur kita berlayar dengan KMP Aceh Hebat 2 dari Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh, menuju Pelabuhan Balohan, Sabang, sambil melakukan serangkaian uji, mulai manuver meninggal pelabuhan, berlayar, dan uji sandar di dua pelabuhan. Pak Gubernur ingin memastikan semua peralatan navigasi berfungsi dengan baik. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan sangat aman,” ujar Syamsuddin.

Pada pelayaran khusus tersebut, lanjutnya, juga menguji kecepatan maksimum yang mencapai lebih dari 12 knot, kecepatan ideal. Kecepatan layar kapal juga dipengaruhi faktor cuaca. “Hari ini cuaca cukup bagus,” katanya.

Selanjutnya ia mengatakan, peralatan navigasi di KMP Aceh Hebat 2 tergolong sangat canggih dan bahkan dilengkapi sistem auto pilotnya. Keamanan atau safety-nya juga sangat baik. Uji layar ini berjalan baik. Rencananya, Januari 2021 KMP Aceh Hebat 2 sudah melayani penumpang.

Syamsuddin menambahkan, KMP Aceh Hebat 2 mampu mengangkut penumpang sebanyak 252 orang dan 26 kendaraan besar dan kecil seperti truk, bus dan minibus.

Trip khusus pelayaran KMP Aceh Hebat 2 tersebut, Gubernur Nova didampingi Ketua TP PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, Kepala Dinas Perhubungan Aceh Junaidi, Danlanal Sabang, Kolonel Agus Darmawan, Direktur Utama PT PEMA, Zubir Shahim, dan Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani.

Tiba di Pelabuhan Balohan, Sabang, Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan rombongan disambut oleh, Walikota Sabang, Nazaruddin, Sekda Kota Sabang, Zakaria, Kepala BPKS Iskandar Zulkarnaen, dan Wakil Ketua DPRK Sabang, Armadi. [ril]

Shares: