News

Gubernur Aceh serahkan kendaraan listrik untuk 23 kab/kota

Pemerintah Aceh menyerahkan kendaraan listrik roda 2 karya anak bangsa kepada instansi pemerintah di 23 Kabupaten/kota di daerah ujung barat Sumatra itu.
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyerahkan secara resmi kendaraan listrik roda 2 di Pendopo Gubernur, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Jumat (27/5/2022). (Riska Zulfira/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Aceh menyerahkan kendaraan listrik roda 2 karya anak bangsa kepada instansi pemerintah di 23 kabupaten/kota di daerah ujung barat Sumatra itu.

Motor yang disalurkan tersebut menjadi kendaraan listrik pertama di Indonesia dengan pelat merah.

Hal itu disampaikan langsung oleh Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat menyerahkan secara resmi kendaraan listrik roda 2 di Pendopo Gubernur, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Jumat (27/5/2022).

Nova mengatakan, sepeda motor listrik karya anak bangsa ini menjadi wujud nyata sinergi Aceh dalam menciptakan karya.

“Kita harus memviralkan sepeda motor Gesits ini, sebagai bukti kita bangga dengan buatan Indonesia,” katanya.

Sementara itu, General Manager PLN Aceh, Parulian Noviandri melalui Senior Manager Niaga, Yasnadi mengatakan dengan hadirnya Gesits di Aceh dapat mendorong dan meningkatkan semangat masyarakat dalam memanfaatkan kendaraan berbasis baterai.

“Gesits menjadi produk unggul terhadap pengembangan produk berbasis energy listrik dan unggul dalam seleksi sebagai produk ramah lingkungan dan mengurangi pencemaran udara,” katanya.

Selain ramah lingkungan, lanjut Yasnadi,  Gesits juga turut memberdayai masuk lokal, yang mana dibuktikan dengan sebanyak 85 persen kendaraan listrik diproduksi di dalam negeri.

“Gesits juga sudah dikategorikan kendaraan Nasional karena sudah lulus uji dari batas 40 persen,” ucapnya.

Lebih lanjut, Yasnadi menyebutkan, bukti dukungan PLN terhadap kendaraan berbasis beterai ini, PLN Aceh sudah membangun Infastruktur berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Aceh.

“Di Aceh sudah terpasang satu SPKLU, saat ini telah tersedia 267 unit SPKLU di 195 lokasi di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Adapun keunggulan yang dimiliki oleh sepeda motor Gesits dibekali teknologi pintar dan baru pada digital dashboard.

Baterai yang digunakan pun memiliki berat 8 kilogram dan memiliki jarak tempuh 50 kilometer. Untuk pengisian daya pada kendaran listrik membutuhkan waktu selama 3-4 jam.

Shares: