News

Gubernur Aceh : Pekerja adalah aset dunia usaha dan bangsa 

Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengajak semua pihak menjadikan peringatan hari buruh atau May Day sebagai momentum meningkatkan perhatian bagi pemenuhan hak pekerja.
Gubernur Aceh : Pekerja adalah aset dunia usaha dan bangsa 
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. (ist)

POPULARITAS.COM – Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengajak semua pihak menjadikan peringatan hari buruh atau May Day sebagai momentum meningkatkan perhatian bagi pemenuhan hak pekerja.

“Karena mereka harus kita perhatikan. mereka adalah aset dunia usaha, bangsa dan daerah,” kata Nova Iriansyah di Banda Aceh, Sabtu.

Nova mengatakan, peringatan may day 2021 ini tidak jauh berbeda dengan satu tahun sebelumnya. Di mana, peringatannya masih dalam suasana COVID-19.

Nova menuturkan, buruh merupakan salah satu pihak yang paling rentan tertular virus. Belum lagi pandemi virus ini membuat mereka dekat dengan pemutusan hubungan kerja.

Kata Nova, Pemerintah Aceh sudah menjalankan beberapa kebijakan, seperti memberikan bantuan bagi mereka yang terdampak COVID-19, termasuk buruh.

“Nilai yang diberikan memang masih jauh dari kata cukup. Karenanya saya mengajak semua stakeholder untuk menunjukkan solidaritas bersama untuk membantu para pekerja,” ujarnya.

Nova menyampaikan, pemerintah telah mengeluarkan Instruksi Presiden tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Kebijakan tersebut mulai efektif pada 25 Maret, dan Aceh mendukung peraturan tersebut.

“Tentu kita punya harapan bersama bahwa semua pekerja bisa mendapat jaminan di masa tua,” kata politikus Demokrat itu.

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh Awalul Rizal mengatakan, pihaknya siap mendukung terwujudnya kesejahteraan para tenaga kerja, dan menciptakan iklim perekonomian yang positif, guna terwujudnya peningkatan dan kepastian investasi di Aceh.

“Di mana, pada akhir April lalu sebanyak 9.798 pekerja kontrak sekolah non keagamaan se Aceh telah sah dilindungi program ketenagakerjaan,” kata Awalul.

Untuk diketahui, kegiatan may day di Aceh dilaksanakan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Aliansi buruh di Aceh hanya melaksanakan konvoi sebagai tanda peringatan hari buruh ini. 

Editor : Hendro Saky

Shares: