News

Gubernur Aceh batalkan penyerahan aset ke UIN Ar-Raniry

Gubernur Aceh Nova Iriansyah membatalkan sepihak kegiatan penyerahan hibah aset Akademi Keperawatan Cut Nyak Dhien dan Akademi Farmasi milik Pemerintah Aceh kepada kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh, padahal acara telah dipersiapkan.
Wakil Rektor I UIN Ar-Raniry, Gunawan Adnan. (Frank/Antara)

POPULARITAS.COM – Gubernur Aceh Nova Iriansyah membatalkan sepihak kegiatan penyerahan hibah aset Akademi Keperawatan Cut Nyak Dhien dan Akademi Farmasi milik Pemerintah Aceh kepada kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh, padahal acara telah dipersiapkan.

“Saya pikir demikian (pembatalan sepihak), karena yang kasih tanggal acara juga Gubernur,” kata Wakil Rektor I UIN Ar-Raniry, Gunawan Adnan, dikutip dari Antara, Kamis (27/1/2022).

Gunawan mengatakan, Gubernur Aceh membatalkan penyerahan tersebut karena alasan belum lengkapnya persyaratan.

Padahal, kata dia, UIN telah melengkapinya, serta sudah berkoordinasi secara melekat dengan pihak BPKA Aceh, dan dinyatakan lengkap berkas.

Tetapi, kata Gunawan, tiba-tiba diberitahukan bahwa ada salah satu surat yang belum dilengkapi. Padahal sebenarnya surat sudah dibuat, hanya saja ditandatangani Rektor UIN dan bukan Sekjend Kemenag.

“Kalau ini dari awal dikasih tahu tentu kita akan bisa penuhi. Tapi kalau semalam, kecuali kita jadi malaikat, jadi tuhan baru bisa kita selesaikan, kun fayakun,” ujarnya.

Gunawan menyampaikan, pelaksanaan kegiatan serah terima hari ini sebelumnya juga sesuai arahan Gubernur Aceh.

“Saya mohon arahan kapan tanggalnya. Beliau katakan tanggal 27 Januari. Maka begitu hari ini beliau bilang melalui stafnya tidak ada agenda,” katanya.

Meski demikian, lanjut Gunawan, mereka tidak mempersoalkan hal ini demi kebaikan bersama, dan mundur selangkah dengan segera mempersiapkan berkas dalam tiga hari ke depan.

“Kita akan berkomunikasi lagi dengan pihak Pemda untuk kemudian ini bisa diteken, dan aset ini bisa secara resmi dan inkrah diserahkan kepada UIN Ar-Raniry,” demikian Gunawan.

Setelah Gubernur Aceh membatalkan kegiatan penyerahan aset di bekas kampus Akper Cut Nyak Dhien tersebut, acara dibubarkan.

Di lokasi, puluhan papan bunga juga sudah terpasang berjejer di sepanjang jalan kawasan Rukoh Darussalam itu.

Shares: