NewsTeknologi

Google Hapus 24 Aplikasi Virus Joker di Android, Ini Daftarnya

(popularitas.com) – Platform Androidkerap menjadi sasaran malware. Yang terbaru adalah virus bernama Joker yang bersembunyi di balik aplikasi di Google Play Store.

Malware Joker akan secara diam-diam mendaftarkan perangkat untuk berlangganan layanan premium sehingga merugikan korban. Joker juga bisa mencuri pesan SMS, daftar kontak, dan informasi perangkat si pengguna.

Saat ini, Google secara bertahap menghapus aplikasi berisi malware Joker di Play Store. Tercatat ada 24 aplikasi berisi program jahat tersebut di toko aplikasi Google.

Berikut ini adalah daftar nama-nama aplikasi berisi virus Joker yang dihapus Google.

1. Advocate Wallpaper
2. Age Face
3. Altar Message
4. Antivirus Security – Security Scan
5. Beach Camera
6. Board picture editing
7. Certain Wallpaper
8. Climate SMS
9. Collate Face Scanner
10. Cute Camera
11. Dazzle Wallpaper
12. Declare Message
13. Display Camera
14. Great VPN
15. Humour Camera
16. Ignite Clean
17. Leaf Face Scanner
18. Mini Camera
19. Print Plant scan
20. Rapid Face Scanner
21. Reward Clean
22. Ruddy SMS
23. Soby Camera
24. Spark Wallpaper.

Sebelumnya diberitakan, perusahaan riset keamanan cyber dan perangkat CSIS Security mendeteksi malware Joker menyusup di puluhan aplikasi berbahaya di Google Play Store. Gawatnya, angka unduhan aplikasi-aplikasi ini sudah mencapai lebih dari 500 ribu.

Virus ini diketahui menyasar pengguna di 37 negara. Indonesia tentu saja ada dalam daftar ini. Selain Indonesia, negara lainnya adalah Australia, Austria, Belgia, Brasil, China, Cyprus, Mesir, Prancis, Jerman, Ghana, Yunani, Honduras dan India.

Selanjutnya ada Irlandia, Italia, Kuwait, Malaysia, Myanmar, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Qatar, Republik Argentina, Serbia, Singapura, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Thailand, Turki, Ukraina, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat.

Sumber: Detik

Shares: