HeadlineNews

Gempa Tektonik Magnituto 4.0 di Tapaktuan, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa 5,5 SR kagetkan warga Aceh Besar

BANDA ACEH (popularitas.com) – Gempa tektonik terjadi di wilayah Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (17/7/2020) sekira pukul 09.54 WIB memiliki parameter dengan magnitudo 4.0.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro, S. Si. mengatakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.36 LU dan 97.13 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 km Barat laut kabupaten Aceh Selatan pada kedalaman 36 km.

Katanya, jenis dan mekanisme gempabumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dalam akibat adanya aktifitas sesar lokal pada patahan batee.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Tapaktuan III MMI yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Djati Cipto Kuncoro.

Lanjutnya, hingga pukul 10:15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kendati demikian, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Ia meminta warga agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke rumah.[acl]

Shares: