Gempa Magnitudo Masih Guncang Sulawesi Barat

POPULARITAS.com- Sulawesi Barat, kembali diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 5,0 pagi tadi. BMKG memutakhirkan parameter gempa menjadi M 4,8.

Episenter gempa terletak pada koordinat 2,89 Lintang Selatan dan 119,05 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 29 km arah tenggara dari Kota Mamuju, Sulawesi Barat. Kedalaman gempa mencapai 10 km.

BMKG mengatakan jenis gempa ini merupakan gempa dangkal yang diakibatkan aktivitas sesar lokal. Guncangan gempa dirasakan hingga daerah Mamuju dengan skala MMI III, yang berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi adalah jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” tulis BMKG dalam ulasannya di akun Twiter @infoHumasBMKG, yang dilihat, Sabtu (16/1/2021).

“Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Mamuju, III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” lanjutnya.

BMKG mencatat ada 32 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo tertinggi M 4,8. Gempa ini merupakan rangkaian gempa bumi susulan pada 14 Januari 2021 pukul 13.35 dengan M 5,9.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawab kan kebenarannya. Hindari bangunan yang retak atau rusak karena gempa.

Redaktur: Fitri

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.