News

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Sinabang

Gempa susulan M5,2 guncang wilayah Laut Banda
Ilustrasi gempa, Foto; detik.com

POPULARITAS.COM – Gempa bermagnitudo 4,9 mengguncang Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue pada Selasa (11/5/2021) pukul 03.44 WIB. Gempa ini tak berpotensi tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro menyebutkan, dari hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.40 lintang utara dan 96.10 bijur timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 30 kilometer arah Barat Daya Sinabang-Aceh pada kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi,” kata Djati dalam keterangannya, Selasa (11/5/2021).

Ia menjelaskan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Sinabang. Getaran gempa hanya dirasakan beberapa orang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelas Djati.

Tak lama berselang, kata Djati, Kota Sinabang juga digetarkan gempa susulan pada pukul 05.30 WIB. Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock ).

Ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, maka perlu pemeriksaan dan memaastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa.

“Ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG,” katanya.

Editor: dani

Shares: