Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Sabang

POPULARITAS.COM – Gempa bumi bermagnitudo 4,8 kembali menggoyang Kota Sabang pada Senin (3/5/2021) pukul 03.49 WIB. Getaran gempa ini terasa hingga ke Kota Banda Aceh.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, lokasi gempa berada pada 5,43 lintang utara dan 94,60 bujur timur atau 94 kilometer barat daya Kota Sabang. Adapun kedalaman gempa yakni 49 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, awalnya sistem membaca bahwa gempa tersebut berkekuatan 5,3. Kemudian diupdate menjadi 4,9 dan akhirnya 4,8.

“Karena dari awal adalah sistem berkerja secara otomatis, berdasarkan deteksi sensor yang terpasang di beberapa wilayah Aceh dan dilakukan analisa ulang dengan menghilangkan beberapa noise (bukan gempa) sehingga didapat 4.8,” sebut Djati dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (3/5/2021).

Djati menuturkan, hingga saat ini BMKG masih mengumpulkan informasi dampak gempa tersebut, apakah ada kerusakan atau tidak.

“Hingga saat ini masih mengumpulkan informasi dampak gempa di atas apakah ada kerusakan atau cukup dirasakan,” ungkap Djati.

Editor: dani

-ads-

-ads-
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.