News

Gempa Guncang Gayo Lues

Gempa 5,5 SR kagetkan warga Aceh Besar

BANDA ACEH (popularitas.com) – Gempa berkekuatan magnitudo 4,5 mengguncang Kabupaten Gayo Lues pada pukul 17.41 WIB, Minggu, 6 Oktober 2019.

Gempa tersebut berada di kedalalaman 10 kilometer. Episenter terletak pada koordinat 4,05 Lintang Utara dan 97,23 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 kilometer barat laut Kabupaten Gayo Lues.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi, merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif, sistem sesar Sumatera pada segmen Tripa.

“Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Gayo Lues III MMI,” kata Djati dalam keterangannya kepada wartawan di Banda Aceh, Minggu, 6 Oktober 2019 malam.

Djati mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Masyarakat, kata Djati, harus memastikan setiap informasi gempa pada sumber yang resmi, dalam hal ini BMKG.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda, pwd pemda-bmkg) atau infobmkg,” ujarnya.* (C-008)

Shares: