News

Gempa Dangkal Guncang Kota Sabang

Gempa guncang Kota Lhokseumawe
Ilustrasi, Nias dan Maumere diguncang gempa pada Kamis (31/12/2022) petang. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

POPULARITAS.COM – Gempa dangkal bermagnitudo 3,5 menggetarkan Kota Sabang pada Rabu (28/4/2021) pukul 10.32 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa ini berada di lokasi 5,79 lintang utara, 95,30 bujur timur atau 11 kilometer barat daya Kota Sabang. Adapun kedalaman gempa yakni 3 kilometer.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan bahwa pihaknya belum mendapat informasi apakah adanya korban jiwa akibat gempa tersebut.

“Korban terdampak atau korban jiwa dan pengungsi dalam kondisi nihil,” sebut Ilyas dalam keterangannya, Rabu (28/4/2021).

Sementara dampak kerusakan, kata Ilyas, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang sedang melakukan pendataan.

“Dampak material akibat gempa masih dalam pendataan,” ucap Ilyas.

Sementara, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Ciptp Kuncoro menyebutkan, gempa dangkal tersebut tak berpotensi terjadinya tsunami.

Ia juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya terkait gempa tersebut.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” katanya.

Editor: dani

Shares: