Gempa Dangkal di Sabang Akibat Aktifitas Sesar Aktif

POPULARITAS.COM – Gempa dangkal bermagnitudo 3,5 menggetarkan Kota Sabang pada Rabu (28/4/2021) pukul 10.32 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi itu merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif.

“Ini merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar sumatera pada segmen Aceh,” kata Djati dalam keterangannya, Rabu (28/4/2021).

Kata Djati, berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kota Sabang dengan skala intensitas II-III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah.

“Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” ujar Djati.

Ia menyampaikan, hingga pukul 11:30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” sebut Djati.

Ia juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya terkait gempa tersebut.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” ujar Djati.

Editor: dani

-ads-

-ads-
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.