HeadlineNews

Garuda Kirim Teknisi Pastikan A330 GA 972 Laik Terbang

Ilustrasi sejumlah pesawat Garuda | Foto: Beritasatu.com

BANDA ACEH (popularitas.com) – VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Ikhsan Rosan menyebutkan pihaknya telah mengirimkan teknisi untuk memastikan pesawat Airbus 330 nomor penerbangan GA 972 rute Aceh-Jeddah dapat beroperasi kembali. Garuda Indonesia juga mengirimkan pesawat pengganti A330, yang terpaksa mendarat darurat di Bandara Internasional Srilanka, Selasa, 2 April 2019 waktu setempat.

“Seluruh penumpang di armada A330 tersebut telah mendarat dalam kondisi baik. Saat ini seluruh penumpang diinapkan di hotel terdekat, sambil menunggu pesawat pengganti yang telah diberangkatkan dari Denpasar pada pukul 12.30 local time dari Denpasar,” kata Ikhsan melalui keterangan resminya, Rabu, 3 April 2019.

Ikhsan mengatakan kebijakan penggantian pesawat tersebut dilakukan untuk memastikan aspek safety dan security dalam penerbangan tetap terjaga.

Ikhsan menyebutkan penerbangan GA 972 rute Aceh – Jeddah berangkat on time sesuai schedule pada pukul 20.20 local time. Dalam perjalanan, awak pesawat mendeteksi adanya tekanan cabin yang berkurang (cabin pressure).

“Lebih lanjut, dengan mempertimbangkan aspek safety dan kenyamanan penumpang, pilot in command kemudian memutuskan untuk mengalihkan pendaratan di Bandara terdekat yakni Bandara Internasional Srilanka di Kolombo pada pukul 09.00 local time,” kata Ikhsan.

Garuda Indonesia, kata Ikhsan, turut menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami seluruh penumpang.

Sebelumnya, pesawat Garuda Indonesia rute Banda Aceh-Jeddah tipe Airbus 330 nomor penerbangan GA 972 mendarat darurat di Bandara Internasional Bandaranaike Kolombo pada Selasa (2/4) pukul 09.00 waktu setempat.

Pesawat berbadan besar tersebut membawa total 338 penumpang.

Pihak Bandara Kolombo sempat menyiapkan truk pemadam kebakaran dan ambulans jelang pendaratan darurat tersebut.

Saat ini masih dilakukan investigasi terkait insiden tersebut.* (BNA/RIL)

Shares: