KesehatanNews

Garbi Lhokseumawe Edukasi Warga Terkait Bahaya HIV/AIDS

Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) chapter Lhokseumawe menggelar sekolah Ibu sesi 6. (IST)

LHOKSEUMAWE (popularitas.com) – Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) chapter Lhokseumawe menggelar sekolah Ibu sesi 6 (Garbi Parenting Club) dengan tema “Bersama kita peduli,mengenali dan mencegah HIV AIDS” di gedung Hasbi Ash Shiddiqy Mon Gedong Lhokseumawe , Sabtu 14 Desember 2019.

Dr Mawaddah dalam paparannya, mengatakan HIV dapat menyebar melalui darah, cairan sperma, cairan vagina,air susu ibu, selanjutnya HIV dapat menular lewat hubungan sex, dari ibu ke anak melalui ASI dan pemakain jarum suntik yang bersamaan , bisa juga melalui Tranfusi Darah.

Kata dia, HIV tidak menular melalui gigitan nyamuk, tempat duduk toilet, ciuman, dan penggunaan piring bersama,bersentuhan pegangan tangan atau pelukan.

Sementara itu, Husni Mubarak, MA, ketua Garbi chapter Lhokseumawe, mengatakan Garbi sebagai gerakan sosial masyarakat merasa prihatin akan kondisi HIV AIDS, khusunya dikota Lhokseumawe.

Oleh karena itu, Garbi mencoba menggandeng beberapa pihak dan instansi terkait, dalam melakukan pendampingan akan pemahaman terhadap kasus HIV dengan melakukan pembelajaran dan berbagi pengetahuan.

Adapun pemateri yang dihadirkan mewakili beberapa lembaga antara lain pemerhati keluarga dan anak, dosen, dan praktisi pendidkan serta beberapa elemen.

“Sedangkan Peserta dihadiri oleh puluhan partisipan yg berasal dari berbagai kalangan,” pungkasnya.

Kegiatan itu juga menghadirkan dua pemateri yaitu Fauzan Saputra, konselor Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Dan Mawaddah Fitria, Sp.PD FINASIM yang merupakan Dokter CST RSUD Cut Mutia. (C-006)

Shares: