Gali Potensi Wisata, Tim Pidie Adventure Arungi 16 Ribu Meter Sungai Meureudu

MEUREUDU (popularitas.com) – Tim Pidie Adventure bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pidie  Jaya melakukan ekspedisi Arung Jeram Krueng Meureudu guna menggali pontensi wisata alam yang dimiliki daerah setempat.

Arung Jeram itu mendapat dukungan penuh dari Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas dan Said Mulyadi itu dimulai sejak 10-12 Januari 2020. Sementara titik start Gampong Lhok Sandeng, Kecamatan Meurah Dua.

Tim Pidie Adventure tercatat berhasil menaklukan 16.000 meter Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Meureudu-Meurah Dua.

Koordinator Tim Pidie Adventure, Zian Mustaqin, menyebutkan, ekspedisi arung jeram bertujuan untuk mendata sungai, serta menggali potensi wisata alam untuk kepentingan pembangunan daerah Kabupaten Pidie Jaya. Khususnya dalam sektor pariwisata, maupun pengairan, pertanian dan lingkungan hidup serta kearifan lokal.

“Sebelum kami melakulan arung jeram dengan dua estapet, hari pertama dan hari kedua untuk pendataan potensi wisata alam di Pidie Jaya, jauh-jauh hari kami duluan melakukan survey lokasi,” kata Zian Mustaqim, Minggu, 12 Januari 2020.

Pidie Adventure membentuk dua tim dari total 17 personil. Sebanyak 12 personil diantaranya mengarungi sungai dengan menggunakan tiga perahu karet. Sedangkan lima lainnya di darat, yang sama-sama bertugas mendata selutuh potensi alam yang dimiliki wilayah DAS Krueng Meureudu-Meurah Dua.

Kata Zian, usai melakukan ekspedisi itu, pihaknya menemukan potensi wisata di Krueng Meureudu untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata alam. Namun, terdapat beberapa potensi lainnya yang dapat dikembangkan.

“Pendataan sungai yang kami lakukan, akan kami serahkan kepada Pemkab Pidie Jaya. Apalagi Bupati dan Wakil Bupati (Aiyub Abbas dan Said Mulyadi), sudah siap menerima data dari kami. Karena banyak fungsi sungai Meureudu yang harus direnovasi kembali, seperti sejumlah irigasi yang sudah rusak, karena penting untuk pertanian,” jelasnya.

Sementara itu  ketua Sekolah Pemimpin Muda Aceh (SPMA) Kabupaten Pidie Jaya, Mulyadi Pijay sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Tim Pidie Adventure. Mereka bahkan terlebih dulu mempromosikan pesona arung jeram di Krueng Meureudu sebelum melakukan ekspedisi.

“Sampai-sampai, para penggiat alam bebas lainnya langsung terjun terlebih dahulu mencoba derasnya sungai Meureudu,” kata Mulyadi.

Mulyadi mengatakan, kegiatan yang dilakukan Tim Pidie Adventure sangatlah berguna bagi daerah itu sendiri. Pasalnya, potensi wisata alam yang promosikan oleh Zian cs itu sangat menguntungkan daerah Pidie Jaya.

“Kegiatan ini merupakan promosi daerah yang sangat menguntungkan dan harus dikembangkan. Apalagi pariwisata bisa menjadi salah satu andalan Pemkab untuk membuka lapangan kerja. Tentunya untuk membuka pariwisata itu perlu promosi yang luar biasa, dan itu dilakukan Komunitas Cerita Pidie (Team Pidie Adventure,” ungkapnya.* (C-005)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.