News

Firli Bahuri : Manusia tak lepas dari pengawasan Allah

Ketua KPK RI Firli Bahuri, sampaikan ucapan selamat menyambut bulan suci ramadhan kepada seluruh umat muslim di Indonesia. Hal tersebut disampaikannya, Jumat (2/4/2022) di Jakarta.
Firli Bahuri : Manusia tak lepas dari pengawasan Allah
Ketua KPK RI Firli Bahuri

POPULARITAS.COM – Ketua KPK RI Firli Bahuri, sampaikan ucapan selamat menyambut bulan suci ramadhan kepada seluruh umat muslim di Indonesia. Hal tersebut disampaikannya, Jumat (2/4/2022) di Jakarta.

“Selamat melaksanakan ibadah puasa, kepada umat muslim di tanah air,” katanya dalam keterangan tertulis, diterima popularitas.com.

Lewat pesan tertulisnya itu, Firli Bahuri menekankan bahwa, puasa merupakan ajang melatih dan menempah pribadi seorang muslim. Dalam satu bulan selama Ramadhan, umat islam akan menunaikan kewajibannya berpuasa sebagaimana perintah Allah.

Hakikat dan esensi puasa adalah kejujuran, katanya lagi. Karena itu dalam waktu satu bulan ini, setiap muslim akan ditempa membentuk kesadaran yang sama tentang menunaikan amanah.

Esensi kejujuran dalam berpuasa, menyiratkan pesan penting bahwa, seorang muslim tidak lepas dari pengawasan Allah sang pencipta. Begitu juga dengan perilaku korupsi, walaupun seorang bisa saja luput dari pengawasan hukum, namun Allah maha melihat setiap tindak-tanduk yang dilakukan manusia.

Semoga, pelaksanaan ibadah Ramadhan 1443 hijiryah/2022 M yang sebentar lagi akan sama-sama kita jalankan, dapat memberikan hikmah terdalam bagi kita semua, insan manusia untuk terus mengbadikan diri sebagai umat islam, dengan cara tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan bangsa dan negara dengan perilaku koruptif.

Hikmah terbesar bulan suci ramadhan adalah, perubahan sikap menjadi lebih baik, yakni jika sebelum puasa seseorang masih memiliki kecenderungan perilaku korup, maka setelah berpuasa, hal tersebut harus dihilangkan. Jika itu terjadi, maka sesungguhnya, seorang muslim telah mendapatkan hikmah puasa itu sendiri, demikian Firli Bahuri.

Shares: