Filosofi logo Piala Dunia U-2023 Indonesia yang diluncurkan FIFA

POPULARITAS.COM – FIFA meluncurkan logo resmi Piala Dunia U-20 2023 tepat pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, 17 Agustus 2022, atau sekitar sembilan bulan sebelum turnamen tersebut dimulai.

PSSI selaku induk organisasi sepak bola Indonesia pun menyambut baik peluncuran tersebut.

“Peluncuran lambang resmi Piala Dunia U-20 2023 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia menandakan bahwa sepak bola Indonesia siap bangkit dan tampil memukau di pentas dunia,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Adapun logo Piala Dunia U-20 2023 berbentuk trofi turnamen dengan berbagai warna di dalamnya.

FIFA menyebut, warna merah dan putih terinspirasi dari bendera nasional Indonesia. Kemudian ada warna biru kehijauan yang melambangkan pesona laut Indonesia dan arusnya yang mengalir di seantero kepulauan.

Lalu mahkota pada logo tersebut menunjukkan gairah dunia terhadap sepak bola di berbagai benua.

FIFA pun berharap, melalui logo itu, para pencinta sepak bola dan pemain di seluruh dunia dapat melihat sekilas bagaimana turnamen tersebut akan berlangsung di jantung Asia Tenggara dengan hasrat, warna, keanekaragaman dan semangat perayaan kompetisi.

Sementara Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza menyebut bahwa pengumuman logo Piala Dunia U-20 2023 menjadi kesempatan penting bagi Indonesia untuk menunjukkan hasrat besar kepada dunia sepak bola.

“Menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 juga akan membantu pengembangan sepak bola Indonesia. Kami yakin akan ada warisan infrastruktur yang menguntungkan sepak bola Indonesia di masa depan,” Jaime.

Adapun peluncuran logo tersebut bersamaan dengan perilisan video singkat Piala Dunia U-20 2023. Video itu memperlihatkan sedikit keindahan alam Indonesia, lalu seorang anak bertelanjang dada yang mengolah bola dengan kakinya dan diakhiri rekaman video turnamen edisi sebelumnya.

Piala Dunia U-20 2023 digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni. Turnamen ini akan diikuti 24 negara termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Sampai Rabu (17/8), ada sembilan negara di luar Indonesia yang sudah dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023 yakni Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Israel, Italia dan Slovakia.

Editor: Muhammad Fadhil

Comments
Loading...