Film Dokumenter karya Sineas Aceh akan Tampil di Jerman

POPULARITAS.COM – Minor, salah satu film documenter besutan dua sutradara muda Aceh, Vena Besta Klaudina dan Tazkiyatun Nufus, akan tampil pada pada KAUM Film Festival 2021, yang digelar pada 15-21 Agustus 2021 di Berlin, Jerman.

Direktur Aceh Documentary, Faisal Ilyas, dalam keterangan tertulisnya kepada popularitas.com, Senin (19/7/2021), menjelaskan, film dokumenter Karya sineas perempuan Aceh itu, di produksi oleh pihaknya, dan masuk dalam kategori program dare to be equal, atau sinema seputar isu perempuan.

Dia menjelaskan, Minor berkisah tentang seorang remaja kristiani yang menjalankan hidupnya di provinsi ujung barat Sumatera ini. Dan proses produksi film itu pada pertengahan Agustus 2019, dan merupakan program Aceh Documentary Competition.

Film Dokumenter Minor sendiri, lanjutnya, akan tayang dengan karya dari daerah lainnya, seperti, A Daughter’s Memory, Becoming Girl, Rising From Silence, dan Rong. 

baca juga : Boderless Documentary Hadirkan Film Kalaborasi Aceh dan Jepang

Faisal menerangkan, Aceh Documentary sendiri, punya visi memajukan perfiliman di daerah ini, dan upaya tersebut dilakukan pihaknya, dengan mengikutsertakan setiap karya sineas muda di provinsi berjuluk serambi Mekkah ini, dalam pelbagai festival film, baik tingkat nasional dan internasional.

Ditambahkannya lagi, pihaknya terus berkomitmen melahirkan talenta muda di bidang seni perfilman, dengan mencetak sineas-sineas produktif, dengan karya-karya film yang mampu mengangkat isu-isu Aceh ke kancah perfilman nasional dan internastional. “Kami ingin mengabarkan Aceh lewat medium sinema,” tukasnya.

baca juga : Filmmaker Aceh Jadi Programmer Pertukaran Film Pendek Indonesia 2021

Ia juga melanjutkan kemudian, bahwa dalam delapan tahun ini sudah meluluskan puluhan sutradara muda dari berbagai daerah di Aceh melalui program Aceh Documentary Junior dan Aceh Documentary Competition. 

Sebelumnya, film Minor ini juga tayang dalam program International Social Justice Network. Karya-karya film produksi Aceh Documentary juga telah memenangkan berbagai kategori pada festival-festival film di Indonesia, seperti Festival Film Dokumenter Jogjakarta, Malang Film Festival, Festival Film Surabaya, dan lain-lain. Film-film Aceh Documentary juga sudah diputar di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara.

Editor : Hendro Saky

Comments
Loading...