NewsTransportasi dan Logistik

Film Avatar Jadi Inspirasi Mercy Bikin Mobil Varian Baru

Mercedes-Benz Vision AVTR (Motor1.com)

MERCEDES-Benz ingin membawa film Avatar karya James Cameron ke jalan. Mereka membuat sebuah mobil konsep yang menghubungkan manusia, mesin, dan alam.

Mengutip dari Motor1.com, koneksi ini dikemas dalam sebuah mobil konsep bernama Mercedes-Benz Vision AVTR Concept (Advanced Vehicle Transformation).

Mobil konsep yang dipamerkan dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Amerika Serikat ini dibuat berdasarkan koneksi antara orang-orang Na’vi ketika menunggangi Banshee.

Pabrikan asal Jerman itu merancang agar Mercedes-Benz Vision AVTR Concept bisa menjadi organisme yang hidup. Artinya, mobil ini pun dapat terhubung dengan baik ke pengendaranya.

Karena itu, Mercedes-Benz memasang sebuah sensor di konsol tengah yang dapat membaca jantung. Yang menarik, caranya cukup dengan menempelkan telapak tangan ke komponen tersebut.

Interiornya tampak menakjubkan dengan penggunaan bahan kulit “Dinamca”. Beberapa panelnya terbuat dari kayu “Karoon”, jenis pohon yang hanya hidup di hutan Amazon.

Selain itu, Mercedes-Benz Vision AVTR Concept tak dilengkapi dengan lingkar kemudi. Artinya, mobil ini terlahir dengan sistem autonomous-driving atau dapat melaju secara otomatis tanpa pengemudi.

Dari luar, Mercedes-Benz Vision AVTR Concept tampak seperti sebuah sport car 4-seater. Hanya saja, mobil ini memiliki pintu transparan dan kaca depan yang sangat besar, bahkan berlanjut sampai ke atap.

Di sektor belakangnya terpasang 33 buah sirip yang multifungsi. Komponen ini disebut bisa menyempurnakan aerodinamika Mercedes-Benz Vision AVTR Concept saat melaju.

Tak hanya itu, velg Mercedes-Benz Vision AVTR Concept pun terinspirasi dari peri tumbuhan atau disebut Wood Sprites di film Avatar. Di baliknya, terdapat lampu berwarna biru yang memperkuat kesan futuristisnya.

Untuk urusan performa, Mercedes-Benz Vision AVTR Concept dibekali motor listrik bertenaga baterai 110 kWh. Sumber tenaga tersebut diklaim terbuat dari bahan kimia organik dan bebas material besi yang langka.

Motor listrik itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 470 hp dan menempuh jarak sejauh 700 km. Mercedes-Benz Vision AVTR pun dapat bergeser ke samping untuk mobilitas yang maksimum.*

Sumber: Otosia.com

Shares: