InsfrastrukturNews

Fasilitas Buruk, Lapas Calang Perlu Perhatian

(ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Anggota Komisi 3 DPR RI, Nazaruddin Dek Gam melakukan reses ke wilayah pantai barat selatan Aceh yakni Aceh Barat dan Aceh Jaya.

Dalam reses tersebut, Nazaruddin Dek Gam mengunjungi mitra kerja komisi 3 mulai, kepolisian, kejaksaan dan lapas.

Dek Gam mendapatkan sejumlah catatan yang akan disampaikan dalam rapat setelah reses di Jakarta. Catatan tersebut diterima mulai dari pihak kepolisian, kejaksaan dan lapas.

Misalnya saat berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Calang, Kabupaten Aceh Jaya, dirinya menemukan sejumlah permasalah, mulai dari fasilitas kantor hingga kondisi lapas.

Politisi PAN ini meminta pihak Kemenkumham Aceh untuk memberikan perhatian khusus terhadap lapas di pantai barat selatan Aceh khususnya di Aceh Jaya.

“Kalau di Aceh Jaya memang banyak permasalahan, mulai dari bangunan kantor, kemudian fasilitas di dalam lapas, seperti pagar lapas yang kurang safety, ini perlu ada perhatian khusus,” ungkap Dek Gam dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 9 Juni 2020.

Sementara untuk kondisi dalam tahanan sendiri, kata Dek Gam, hasil diskusi dengan beberapa tahanan sudah sangat bagus. Mungkin perlu beberapa perbaikan agar semakin bagus.

“Catatan yang sudah saya terima ini akan saya sampaikan ketika rapat kerja dengan mitra kami,” ujarnya.

Kemudian, Dek Gam juga mendapatkan laporan kondisi Lapas Kelas II B Meulaboh terkait dengan kondisi air bersih. Dirinya juga sudah meminta kepada Kalapas untuk membuat laporan agar bisa dicarikan solusi.

“Kalau di Meulaboh hanya masalah air bersih saja, kalau kondisi lainnya sudah sangat bagus,” ujarnya.

Untuk sementara, Dek Gam baru mengunjungi dua kabupaten dalam reses tersebut, kedepan dirinya akan mengunjungi seluruh mitra kerja yang berada di daerah dapilnya.

“Satu-satu dulu saya kunjungi, kedepan seluruh kab/kota yang masuk dalam dapil saya akan saya kunjungi, karena memang itu tugas kami. Walaupun belum saya kunjungi, tapi laporan dari daerah-daerah selalu saya terima,” ungkapnya. (dani/ril)

Shares: