News

Faris Dhamira, santri Dayah IQ harumkan nama Aceh di kancah nasional

Faris Dhamira, santri Dayah IQ harumkan nama Aceh di kancah nasional
Faris Dhamira, santri Dayah Insan Qur'ani juara MTQ Nasional 2022. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Santri Dayah Insan Qur’ani (IQ) Aceh Besar kembali mengharumkan Aceh di kancah nasional. Kali ini, Faris Dhamira, santri kelas 3 MTs Insan Qur’ani berhasil meraih juara 1 pada ajang MTQ Virtual Tingkat Nasional Liwet Sejagad 2022 kategori anak anak.

Dalam ajang bergengsi ini, juara kedua untuk kategori anak-anak diraih oleh perwakilan Kalimantan Tengah, dan juara ketiga diraih oleh peserta dari Kalimantan Timur.

Pengumuman pemenang tersebut tertuang dalam lampiran surat keputusan majlis hakim nmor:001/DH-MTQ/Virtual/ULS001-KEP/2022 Tanggal 10 tentang Penetapan Peserta Terbaik Musabaqah Tilawatil Quran Virtual Tingkat Nasional Liwed Sejagat 2022.

Keberhasilan para santri pada ajang bergengsi ini disambut suka cita keluarga besar Dayah Insan Qur’ani dan menambah torehan prestasi santri dayah yang beralamat di Aneuk Batee, Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar itu.

“Alhamdulillah santri kita Fharis berhasil meraih juara 1 MTQ virtual Nasional 2022, selamat untuk anak kami telah mengharumkan Aceh dan juga Dayah Insan Qur’ani di kancah nasional, terima kasih atas dedikasinya,” ujar Pimpinan Dayah IQ, Ustaz Muzakkir Zulkifli dalam keterangannya, Senin (12/9/2022).

Muzakir menyampaikan MTQ Virtual ini diikuti puluhan qari dan qariah perwakilan setiap provinsi. Pada ajang ini, kata Muzakir, dimulai dengan proses babak penyisihan, kemudian yang lolos dari penyisihan diikutkan kembali pada babak final.

“Selamat untuk anak kami, tetap semangat dan terus belajar, jangan berhenti disini, jangan pernah merasa puas, tetaplah bersyukur dan rendah hati, dan mudah mudahan capaian ini juga menjadi motivasi bagi santri lain,” ujarnya.

Faris Dhamira merupakan santri yang berprestasi. Sebelumnya, putra dari pasangan Dr. Mirzan Yusuf dan Raudhah, S.Ag ini juga beberapa kali meraih juara pada bidang tilawah dalam ajang MTQ tingkat provinsi dan kabupaten di Aceh.

Putra kelahiran Lamkawe, Aceh Besar ini tercatat pernah menjadi juara 2 MTQ cabang Tartil Quran MTQ Provinsi Aceh di Pidie tahun 2019, juara 1 Musabaqah Azan Festival Anak Shaleh Tingkat Provinsi Aceh.

Ia juga beberapa kali menjadi juara MTQ tingkat Kabupaten Aceh Besar golongan Tartil dan Tilawah kanak-kanak, dan juara 1 MTQ Tingkat Penggalang MTQ Tunas Ramadhan Provinsi Aceh tahun 2019, dan beberapa kali meraih juara pada ajang MTQ antar sekolah dan pesantren tingkat kabupaten dan provinsi.

Shares: