Faisal Alfarisi kembangkan industri berbasis minyak atsiri

POPULARITAS.COM – Berbekal pengetahuan yang didapatkannya dari Atsiri Research Centre (ARC) USK, Faisal Alfarisi dirikan perusahaan CV Naturi Alam Semesta. Lewat usahanya itu, Ia melahirkan sejumlah produk berbasis minyak atsiri, seperti Essential Oil, Serai Wangi, minyak kayu putih, minyak cengkeh, dan bahkan teh daun kelor.

Ditemui popularitas.com, Rabu (17/8/2022), Faisal, begitu karib pria itu disapa, menerangkan tentang tren baru masyarakat yang menggemari penggunaan essential oil untuk gaya hidup sehat. 

Untuk produk usahanya, Faisal menggunakan merek naturi, kata tersebut merupakan inspirasi dari penyebutan alam. Kini produk essensial oil juga Ia proses dari bahan serai wangi, minyak pala, dan bahkan cengkeh.

Faisal sendiri, mulai merinstis usahanya sejak 2017 silam. Jatuh bangun dalam menekuni usaha tak membuatnya patah arang. Selama bertahun-tahun Ia konsisten menjalankan bisnis yang telah Ia dapatkan ilmunya itu. Kini, selain memproduksi essesial oil, Ia juga membuat teh daun kelor.

Ia menyebutkan, produk andalannya teh daun kelor, bahkan saat ini telah mendapatkan izin edar dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Hal itu membuat pemasaran dan menambah kepercayaan konsumen untuk membelinya.

Diterangkannya juga, ada banyak manfaat dari teh daun kelor, salah satunya menyegarkan pengelihatan, meningtkatkan metabolisme dan imunitas tubuh, serta mempercepat perbaikan sel-sel yang rusak.

Selain izin edar, produk teh daun kelor yang di produksi CV Naturi Alam Semesta juga telah mendapatkan sertifikasi halal.

CV Naturi Alam semesta yang didirikannya juga terus melakukan banyak inovasi, dengan mengembangkan dan melahirkan produk essensial oil. Nah, sambungnya, essensial oil saat ini banyak digunakan oleh masyarakat, sebab manfaat dan khasiatnya yang bagus.

Salah satu varian essensial oil yang dikembangkannya adalah sere wangi ( Cymbopogon nardus. L). Produk ini paling banyak diminati warga, sebab aromanya yang bantu rileksasi, dan melonggarkan syaraf.

Selain itu juga, manfaat essensial oil sere wangi, dapat digunakan untuk mengusir serangga, meredakan nyeri, mengurangi stress, memperbaiki kinerja pencernaan, mempelancar detoksifikasi dan masih banyak lainnya, tambah Faisal.

CV Naturi Alam Semesta, juga melakukan ekstrasi kuncup bunga cengkeh kering untuk menghasilkan essensial oil minyak cengkeh. Produk yang dihasilkan dari proses itu, diperoleh minyak cengkeh berwarna kuning pucat, dan coklat keemasan. Aromanya sangat tajam, pedas, dan menusuk penciuman.

Produk essential oil yang di di produksi CV Naturi Alam Semesta. FOTO : popularitas.com/Riska Zulfira

“Nah itu minyak cengkah gunanya banyak sekali, seperti mengobati sakit gigi, jerawat, menghilangkan bau mulut, anti bakteri, dan meningkatkan sirkulasi darah,” terang Faisal.

Dalam memasarkan produknya, Faisal menggunakan metode offline dan online. Bagi warga yang ingin membeli secara langsung, dapat mengunjungi storenya di Jalan Bandara Sultan Iskandar Muda Nomor 83 Blang Bintang, Aceh Besar. Sementara, untuk pesan online, konsumen dapat langsung berkunjung ke alamat website www.naturi.id

Untuk harga, produk CV Nature Alam Semesta sangat kompetitif, essential oil yang di produksi Faisal hanya di banderol seharga Rp150 ribu untuk ukuran 20 ML, dan 75 ribu untuk varian 10 ML. Sedangkan teh daun kelor, Ia menjualnya seharga Rp17 ribu per pak.

Perluas akses pemasaran

Faisal menyadari pentingnya untuk meningkatkan volume penjualan dengan penetrasi pasar. Karena itu, Ia saat ini terus memperluas akses dan jejaring pemasarannya hingga di seluruh Indonesia.

Dalam kuurn waktu lima tahun sejak beroperasi, kini CV Nature Alam Semesta, telah melebarkan pemasaran hingga ke Medan, batam, dan Jakarta. Namun pasar lokal tetap menjadi prioritas. Untuk itu, dirinya telah bekerjasama dengan sejumlah store di Kota Banda Aceh, diantaranya Simpang Lima Grocery, dan Suzuya Mall, dan sejumlah toko lainnya.

Upaya membuka outlet di pasar Kota Banda Aceh itu, untuk mendekatkan produknya dengan konsumen, sehingga lebih mudah diperoleh masyarakat. Selain penjualan secara langsung, Faisal juga memajang produk unggulannya di sejumlah marketplace, seperti Lazada. (**)

Comments
Loading...