Fachrul Razi Kuasai Suara Mayoritas Pileg DPD di Simeulue

BANDA ACEH (popularitas.com) – Calon DPD RI Fachrul Razi, MIP, berhasil menguasai suara terbanyak di Kabupaten Simeulue pada Pemilihan Umum 2019. Politisi muda tersebut bahkan mengalahkan suara Sudirman alias Haji Uma yang disebut-sebut mengantungi suara mayoritas untuk Pileg DPD RI di Aceh.

Berdasarkan data DB1-DPD yang diterima popularitas.com dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) Simeulue, terlihat Fachrul Razi mengantungi 7.273 suara. Sementara Haji Uma hanya meraup 4.068 suara, jauh di bawah Fadhil Rahmi yang memperoleh 6.948 suara, Abdullah Puteh 5.342 suara, dan dr.Irsalina Husna Azwir, SH, yang mengumpulkan 5.212 suara.

Sebelumnya KIP Simeulue yang berada di bawah koordinasi KIP Aceh telah menggelar rapat pleno hasil Pemilu 2019 pada Rabu, 1-2 Mai 2019 lalu. Rapat pleno yang dilaksanakan di Kota Sinabang tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri, dengan Wakil Ketua Tharmizi beserta anggota Munawarsyah, Akmal Abzal, Muhammad, dan Ranisah.

Pleno terbuka ini dihadiri oleh PPK dari 10 kecamatan di Simeulue.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Simeulue pada 2019 ini mencapai 60.187 jiwa. Sementara yang menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 17 April 2019 lalu hanya mencapai 50.395 suara. Selain itu, Dapil Simeulue juga memiliki 225 jiwa disabilitas yang menggunakan hak pilih pada Pemilu serentak tahun ini.*(BNA)

Comments
Loading...