NewsTeknologi

Facebook Uji Coba Fitur Video Call di Aplikasi Utama

Pemerintah Rusia resmi larang facebook
Facebook Logo (REUTERS/STEPHEN LAM)

POPULARITAS.COM – Facebook melakukan uji coba agar pengguna bisa melakukan panggilan suara dan telepon di aplikasi utama, tanpa harus memasang aplikasi Messenger.
Selama ini, pengguna Facebook mesti memasang (menginstal) aplikasi Messenger jika ingin memanfaatkan kedua fitur panggilan tersebut.

Facebook membuat fitur ini untuk mempermudah melakukan panggilan tanpa harus membuka aplikasi Messenger yang memang terpisah.

Raksasa media sosial itu sengaja memisahkan aplikasi Messenger dari aplikasi utamanya bertahun-tahun lalu. Sehingga, pengguna harus mengunduh aplikasi lain secara terpisah untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan.

Belakangan Facebook memang tengah berusaha menghubungkan semua aplikasi perpesanan yang ia miliki. Septembr lalu, perusahaan itu menghubungkan layanan pesan instan di Instagram dengan Messenger. Sehingga, pengguna Messenger dan Instagram bisa saling melakukan video call.

Dilansir dari The Verge, Facebook mengonfirmasi bahwa mereka sedang menguji panggilan suara dan video di beberapa negara, termasuk AS. Untuk sementara perusahaan tidak membagikan berapa banyak pengguna yang akan melihat fitur tersebut.

Sebelumnya Facebook telah mencoba untuk mengintegrasikan perpesanan di seluruh rangkaian aplikasinya dan pertama kali mengaktifkannya antara Instagram dan Messenger.

Langkah tersebut dilakukan demi mempermudah pengguna untuk menemukan, mengirim pesan dan melakukan panggilan video dengan kontak yang ada di sosial media mereka tanpa perlu mengunduh kedua aplikasi. Selain itu, mereka juga berencana untuk mengintegrasikan WhatsApp.

Meski demikian, juru bicara facebook mengatakan bahwa jika pengguna ingin mendapatkan pengalaman perpesanan, audio, dan panggilan video berfitur lebih lengkap tetap harus menggunakan aplikasi Messenger seperti dilaporkan Reuters.

Inisiatif untuk mengembalikan layanan perpesanan kembali ke aplikasi utama Facebook bukan pertama kali. Pada 2019, Facebook sempat menguji untuk mengembalikan pesan teks kembali ke aplikasi utama.

Shares: