NewsOlahraga

Event sepeda Tour de Sabang jadi persiapan menyongsong PON 2024

Pesepeda melewati salah satu ruas jalan di kawasan Gampong Jawa, Kota Banda Aceh, Aceh, Sabtu (4/7/2020). (Dok. Muhammad Fadhil)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan menyelenggarakan event Tour de Sabang tahun 2021. Kegiatan yang dipusatkan di kota paling barat Indonesia itu diharapkan menjadi momen atlet sepeda Aceh untuk persiapan menyongsong PON 2024.

Kepala Seksi Pembinaan Olahraga dan Prestasi Dispora Aceh, Muksalmina mengatakan, selain ajang mempromosikan daerah, event olahraga berskala nasional ini menjadi kesempatan bagi atlet sepeda di Tanah Rencong dalam menunjukkan kebolehannya.

“Kita perlu melakukan upaya peningkatan prestasi cabor balap sepeda ini sebagai upaya berbenah dalam rangka persiapan PON 2024 di Aceh,” kata Muksalmina kepada wartawan di Banda Aceh, Senin (22/11/2021) malam.

Dia menjelaskan bahwa event tersebut digelar untuk menggalakkan olahraga sepeda di kalangan masyarakat Aceh. Apabila event ini berlangsung sukses, maka tak tertutup kemungkinan event berskala internasional bakal digelar di masa yang akan datang.

“Dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan, demi terselenggaranya kegiatan ini,” kata dia.

Sementara itu, perwakilan Event Organizer (EO), Muhammad Nagib menyampaikan, event tersebut bakal berlangsung mulai 26-28 November 2021. Pihak panitia telah melakukan koordinasi dengan semua pihak agar kegiatan berlangsung sukses.

“Saat ini persiapan telah mencapai 90 persen,” ungkap Nagib.

Sementara peserta yang telah mendaftar, sambung dia, saat ini telah mencapai 365 orang dari target sebelumnya sebanyak 300 orang. Mereka yang mendaftar terdiri dari sepeda gunung atau mountain bike (MTB) sebanyak 160 orang.

“Dan sepeda balap (road bike) yang terdaftar di kalender UCL gran fondo sebanyak 205 peserta yang dilaksanakan 27-28 November 2021,” sebut dia.

Shares: