News

Es Kelapa Muda di Lhokseumawe Laris Manis Saat Ramadhan

Es kelapa muda. (populartitas/Rizkita)

POPULARITAS.COM – Kelapa muda menjadi minuman favorit saat berbuka puasa, bahan dasar buah kelapa ini juga diciptakan bermacam olahan seperti campur susu, sirup dan dilengkapi dengan es batu.

Minuman segar ini semakin mudah ditemui memasuki bulan Ramadhan, bahkan di pusat kota banyak pedagang dadakan berjualan di bahu jalan.

Salah satunya yang terletak di pinggiran Krueng Cunda Lhokseumawe. Di sana pondok berukuran 4×4 disulap jadi lapak penjual es kelapa muda.

Puluhan pedagang telihat sepanjang jalan di sisi kiri tampak terjejer pedagang menjual aneka minuman kelapa muda. Selain es kelapa muda juga tersedia air tebu.

Salah satu pedagang kelapa muda di Stadion Tunas Bangsa, Kota Lhokseumawe, Rizal menyebutkan, dirinya dan pedagang lainnya berjualan disini tadak hanya di bulan puasa saja namun juga tersedia hari- hari biasa.

“Gak bulan puasa aja, hari biasa jualan juga. Kalau bulan biasa kami jualan kelapa tidak sebanyak seperti bulan puasa, kalau bulan puasa pembeli lebih banyak dari hari biasanya,”  kata Rizal, Senin (19/4/2021).

Gelas tersusun di meja berisikan air kelapa muda sudah menjadi pemandangan familiar apabila melintas sepanjang jalan itu. Cukup membayar Rp 5.000. pembeli sudah dapat menikmati es kelapa muda itu.

Tidak harus bersusah payah mengupas kulit kelapa agar bisa menikmati es kelapa muda, pembeli cukup memilih buah kelapa pilihan sendiri dan selanjutnya akan dikupas oleh pegang itu sendiri.

Pembeli juga bisa diberi pilihan apabila ingin menikmati es kelapa muda langsung dari batok buah kelapa atau memilih yang sudah di atur dalam gelas.

“Ada dua rasa kita sajika, tergantung selera. Sebagaian orang kelapa muda dicampur sirup merah, tapi ada juga hanya pakai gula pasir aja, harganya tetap sama hanya lima ribu satu porsi,” kata pedagang itu.

Rizal mengatakan, jika hari biasa bagi pecinta es kelapa muda bisa menikmati menuman favoritnya bisa duduk dikursi yang suda disediakan. Karena bulan puasa biasanya pelanggan memilih es kelapa muda dibungkus agar dapat menikmati saat berbuka puasa di rumah dengan keluarga.

Kata pedagang itu, khusus bulan puasa pondok es kelapa muda dibuka sekitar pukul 16.00 Wib hingga jelang magrib. Namun dihari biasa dibuka sekitar pukul 12.00 Wib hingga malam hari.

“Hasil jualan lumayan, kadang lagi ada rejeki mencapai Rp 1,5 juta. Pernah juga laku hanya Rp 500 ribu,” katanya.

Editor: dani

Shares: