InsfrastrukturNews

Erosi Krueng Babahrot Abdya Ancam Lahan Perkebunan Warga

Erosi Krueng Babahrot Abdya Ancam Lahan Perkebunan Warga. (ist)

POPULARITAS.COM – Erosi Krueng (sungai) Babahrot di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang berhulu dari kawasan gunung Lauser makin memprihatinkan dan mengancam areal perkebunan masyarakat di sekitar daerah aliran sungai itu.

“Jika  tidak segera ditangani, maka lahan kebun masyarakat di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) ini erosinya semakin meluas,” kata salah seorang warga Kecamatan Babahrot Abdya, Saipul seperti dilansir laman Antara, Selasa (24/8/2021).

Selain erosi lahan perkebunan masyarakat yang sudah semakin parah, aliran sungai Babahrot tersebut lima tahun kedepan juga akan mengancam rumah masyarakat jika tidak segera ditangani oleh Pemerintah.

“Kita berharap permasalahan Krueng Babahrot diprioritaskan sebelum terjadi erosi yang lebih parah. Apalagi memasuki musim hujan, dikhawatirkan pengikisan tebing sungai semakin meluas,”ujarnya.

Sementara Keuchiek Gampong Simpang Gadeng, Insafuddin berharap agar normalisasi Krueng Babahrot bisa dilaksanakan secepatnya.

“Harapan kami bisa secepatnya dilakukan normalisasi, sebab ada rumah warga yang sudah sangat dekat dengan tebing sungai. Pemilik rumah mulai cemas, gelisah dan merasa tidak nyaman karena sewaktu-waktu rumah mereka bisa ambruk akibat erosi sungai itu,” harapnya.

Shares: