News

Empat tuntutan mahasiswa Aceh pada demo 11 April 2022

Aksi demo 11 April 2022 yang dilakukan secara serentak oleh mahasiswa Indonesia, ikut pula di dukung oleh organisasi mahasiswa di Aceh. Demontraasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi di provinsi ujung barat Sumatara itu, digelar di gedung DPRA.
Empat tuntutan mahasiswa Aceh pada demo 11 April 2022
Suasana demonstrasi mahasiswa Aceh di gedung DPRA, Senin (11/4/2022)

POPULARITAS.COM – Aksi demo 11 April 2022 yang dilakukan secara serentak oleh mahasiswa Indonesia, ikut pula di dukung oleh organisasi mahasiswa di Aceh. Demontraasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi di provinsi ujung barat Sumatara itu, digelar di gedung DPRA.

Ribuan mahasiswa Aceh dari UIN Ar Raniry, Universitas Syiah Kuala, Universitas Serambu Mekkah, Universitas Muhamadiyah, dan HMI, turun ke jalan menyuarakan aspirasi rakyat.

Dalam aksi itu, mahasiswa Aceh menyuarakan empat tuntutannya, yakni, meminta pemerintah untuk menurunkan harga BBM, intervensi agar harga sembako stabil, dan juga mengkaji ulang UU Harmonisasi Perpapajakan (HPP), penuntasan konflik agraria.

Selain itu juga, mahasiswa Aceh meminta agar persoalan Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) dapat kembali dilanjutkan guna memastikan pelayakan kesehatan bagi masyarakat miskin, serta tuntutan agar memastikan BBM jenis Pertalite, dan BBM tidak langka di tengah masyarakat.

Para mahasiswa yang memusatkan aksi demonstrasi di gedung DPR Aceh itu juga, mendesak Gubernur Aceh, untuk melakukan pengawasan ketat terhadap penggunaan gas subsidi 3 kilogram, dan memastikan benar-benar peruntukan bagi masyarakat miskin.

Dalam orasinya, koordinator aksi, Saiful mengatakan mereka menolak kenaikan harga BBM dan harga pangan.

“Kenaikan itu membuat sengsara masyarakat pak, bapak enak bisa membeli semua walaupun harga mahal, tapi tidak dengan rakyat biasa,” kata Saiful

Sementara itu, salah satu perwakilan orator dari USK, Aby Rafdi mengatakan seluruh aksi menyelenggarakan aksi demo sebagai Penyambung lidah masyarakat.  “Kami kesini membersamai rakyat Indonesia, hari ini semua mahasiswa sebagai Jantong hate rakyat Aceh,” katanya saat menyampaikan orasi.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: