Empat Duta Seni Asal Aceh Ikut Paduan Suara di Istana Negara

POPULARITAS.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh mengirimkan duta seni pada acara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2021 di Istana Negara.

Penampilan kesenian tersebut tergabung dalam paduan suara Gita Bahana Nusantara 2021 yang tampil dalam rangkaian upacara memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 76.

Kabid Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh, Nurlaila Hamzah menyebutkan, Aceh mengirimkan 4 wakil yang tampil secara daring di Istana Negara, terdiri dari Syahnaz Farsia Dahni jenis suara sopran Perwakilan Aceh Tamiang. Vira Maliza Fonna jenis suara alto perwakilan Sabang, Dhiyaul Mubarakh jenis suara tenor perwakilan Aceh Barat dan Deny Muharafa jenis suara bass perwakilan Gayo Lues.

“Sejak proses pemusatan latihan, perekaman suara dan pengambilan video sampai dengan penampilan menyanyikan lagu-lagu bersama group paduan suara semua dilakukan secara daring,” kata Nurlaila, Rabu (18/08/2021) di Banda Aceh.

Nurlaila juga mengaku, Dimana pada tahun ini Aceh juga berkesempatan menampilkan tarian daerah jelang upacara penurunan bendera dengan tajuk “Rapai Pasie” yang dimainkan oleh sanggar “Tujoeh Art”.

“Tarian yang digarap khusus oleh koreografer Murtala tersebut merupakan tari kreasi yang dikembangkan dari tari “Rapai Geleng” dan tari “Ratoh Duek” yang menceritakan petuah dan nasehat kebaikan lewat syair-syair keislaman. Tarian yang berdurasi 3 menit ini diiringi musik serune kalè, gendrang dan rapai,” jelasnya.

Meskipun di tengah pendemi dengan kondisi terbatas kesenian Aceh tetap bergeliat ditingkat nasional lewat penampilan virtualnya. Pengambilan video tarian dilakukan di Banda Aceh pada tanggal 24 Juli lalu dengan didampingi tim kurasi tari dari Sekretariat Presiden RI.

“Salah satu tantangannya adalah para penari tampil sendiri-sendiri saat pengambilan gambar dan nantinya diedit oleh tim editing acara untuk ditampilkan,” tambahnya.

“Aceh patut berbangga dan mari bersinergi dalam kondisi apapun untuk terus bersama-sama melestarikan dan mengembangkan kesenian Aceh ditingkat nasional dan global agar lebih dikenal oleh masyarakat Aceh sendiri dan masyarakat luar Aceh.” ucapnya.

4 Duta Aceh Panduan Suara di Istana Negara

– Syahnaz Farsia Dahni jenis suara sopran Perwakilan Aceh Tamiang.

– Vira Maliza Fonna jenis suara alto perwakilan Sabang.

– Dhiyaul Mubarakh jenis suara tenor perwakilan Aceh Barat

– Deny Muharafa jenis suara bass perwakilan Gayo Lues

Comments
Loading...