News

Eks PM GAM ceritakan pengalamannya di Rusia sebelum menghadap Hasan Tiro

Eks PM GAM ceritakan pengalamannya di Rusia sebelum menghadap Hasan Tiro
Eks PM GAM ceritakan pengalamannya di Rusia sebelum menghadap Hasan Tiro
Wali Nanggroe Aceh, Paduka Yang Mulia Tgk. Malik Mahmud Al Haythar saat menerima Dubes Federasi Rusia untuk Indonesia, Veronika Novoseltseva, Minggu (21/8/2022). Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Eks Perdana Menteri (PM) Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Malik Mahmud Al Haythar menceritakan pengalamannya sebelum menghadap Tgk. Hasan Muhammad di Tiro di Stockhom, Swedia pada tahun 1981.

Dalam perjalanan ke Swedia, Malik Mahmud transit sejenak di Bandara Moskow, Rusia. Negara yang saat dipimpin Vladimir Putin itu adalah tempat pertama kali Malik Mahmud menjejakkan kaki di Benua Eropa.

“Rusia adalah tempat pertama kali saya menjejakkan kaki di Benua Eropa. Rusia merupakan salah satu negara yang memiliki kesan tersendiri bagi saya,” kata Malik Mahmud

Hal tersebut disampaikan Malik Mahmud saat menerima kunjungan Wakil Duta Besar (Dubes) Federasi Rusia untuk Indonesia, Veronika Novoseltseva di Banda Aceh pada Minggu (21/8/2022).

Menanggapi cerita Wali Nanggroe, Veronika langsung mengatakan, mengundang Wali Nanggroe untuk menjejakkan kaki untuk kali kedua di Rusia.

“Terimakasih,” kata Malik Mahmud.

Pada kesempatan itu, Malik Mahmud juga menyampaikan terimakasih kepada Federasi Rusia yang turut membantu Aceh saat musibah tsunami tahun 2004 silam.

“Kedatangan ini, saya harapkan hubungan Aceh dengan Rusia akan terus berkembang,” tambah Malik Mahmud.

Sebelumnya diberitakan, Veronika tiba di Aceh pada Sabtu, 20 Agutus 2022. Mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), ia disambut langsung oleh Wali Nanggroe, dan kemudian menuju Meuligoe Wali Nanggroe.

“Kunjungan Wakil Dubes Federasi Rusia ke Aceh dalam rangka kunjungan balasan,” kata Kabag Kerjasama dan Humas Wali Nanggroe, M. Nasir Syamaun dalam keterangannya, Senin (22/8/2022).

Ia mengatakan, pada 27 Juli lalu Wali Nanggroe mengadakan kunjungan ke Kedubes Federasi Rusia di Jakarta, dalam rangka menjajaki hubungan kerjasama Aceh dan Federasi Rusia.

Selain itu, pada kunjungan di Jakarta tersebut, Wali Nanggroe juga mengundang Veronika untuk datang langsung ke Aceh.

Usai bertemu di hari pertama ketibaannya di Aceh, Minggu 21 Agustus 2022, Veronika kembali menyambangi Meuligoe Wali Nanggroe.

Shares: