Eks GAM dapat lahan 22.819 hektare di peringatan hari damai

POPULARITAS.COM – Ketua Badan Reintegrasi Aceh (BRA), Azhari Cage menyebutkan akan memberikan bantuan lahan kepada mantan kombatan GAM, seluas 22.819 hektare.

Hal itu ia sampaikan dalam sambutannya pada acara memperingati 17 tahun Hari Damai Aceh di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Senin (15/8/2022).

“Insyaallah hari ini kita akan menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis,” katanya.

Selain menyerahkan lahan, Azhari juga akan menyerahkan berbagai bantuan sosial dan ekonomi kepada bekas para pejuang kemerdekaan itu.

“Adapun perkembangannya pada tahun 2022 BRA akan menyalurkan bantuan lembu sebanyak 961 ekor, bantuan kambing 107 ekor, bantuan becak 233 unit, bantuan budidaya udang 29 kelompok dan budidaya ikan 56 kelompok,” sebutnya.

Hal serupa juga dijelaskan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni.

Dia menyebutkan, pada tahun 2021, pihaknya telah menyerahkan sebanyak 2500 hektare lahan kepada eks kombatan GAM, tahanan politik dan korban konflik.

Pada tahun 2022, kata Raja pihaknya menyerahkan sebanyak enam sertifikat kepada tiga kabupaten yakni, Aceh Besar, Nagan Raya, Aceh Barat.

“Kami berharap ini menjadi salah satu pondasi yang kuat, untuk mempererat rasa damai di Aceh,” katanya.

Raja juga menjelaskan bahwa lahan yang telah diserahkan itu dapat segera difungsikan. Ia berharap, eks kombatan memanfaatkannya menjadi lahan produktif, sehingga memberi hasil untuk kesejahteraan.

“Itu bukan hanya diberikan sekadar tanah, tanah itu harus berproduktif dan tanah ini bersifat komunal,” ucapnya.

Editor: Muhammad Fadhil

Comments
Loading...